Empat Tipe Honda di Indonesia Bebas Recall



JAKARTA. Isu penarikan kembali mobil dari konsumen (recall) rupanya belum berakhir. Setelah terpaksa melakukan recall terhadap Honda City keluaran 2007 dan 2008, kini produsen mobil Honda akan melakukan recall terhadap sejumlah tipe mobil lain, yaitu Honda Accord, Civic, CR-V, dan juga Odyssey di Amerika, Jepang dan beberapa negara lain.

Penyebab recall kali ini adalah potensi kerusakan pada inflator airbag. Sejauh ini Honda Motor Corporation telah menemukan 12 kasus di Amerika Serikat. Sebelumnya Honda City ditarik dari konsumen karena ada potensi hubungan arus pendek atau korsleting pada sistem power window-nya.

Toh, menurut Jonfis Fandy Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual Honda Prospect Motor (HPM), pemilik mobil di Indonesia tidak perlu panik. Soalnya, "Tidak ada kasus yang terjadi di luar Amerika," imbuhnya.


Jonfis juga meyakinkan bahwa recall tidak akan terjadi pada keempat varian mobil Honda tersebut yang beredar di Indonesia. Pasalnya, sistem airbag yang digunakan pada mobil Honda yang beredar di Indonesia menggunakan produk dari pemasok yang berbeda dengan pemasok yang produknya beredar di AS.

Menurut Jonfis, Honda Accord, Civic, CR-V dan Odyssey menggunakan SRS Airbag Model Inflator Dual Igniter-Type. Sementara mobil Honda yang diproduksi di Indonesia menggunakan komponen SRS Airbag yang memiliki desain dan spesifikasi yang berbeda dengan produksi luar negeri. Maka, "Konsumen tak perlu khawatir, karena inflator yang digunakan di Indonesia memiliki desain dan spesifikasi yang berbeda," kata Jonfis meyakinkan.

Wajar, jika HPM buru-buru bereaksi meredakan ketegangan konsumen. Soalnya CR-V di Indonesia memang termasuk merajai pasar sport utility vehicle (SUV). Sepanjang 2009 lalu, varian CR-V meraih komposisi pasar sekitar 36% di kelasnya. Honda juga tengah menyiapkan facelift atau modifikasi dari CR-V andalannya. "Kami segera luncurkan ke pasaran dalam waktu dekat," kata Jonfis.

Assistant Marketing Manager HPM Yosef Swasono Agus menambahkan, pihaknya juga tengah mempersiapkan modifikasi terbaru Honda Accord dan Oddyssey. "Modifikasi Accord kami jadwalkan keluar bulan Maret, sementara varian Oddysey kami targetkan meluncur semester satu tahun ini," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Test Test