Empat Tips untuk Mengatasi Rasa Stres



KONTAN,.CO.ID- JAKARTA. Di tengah hiruk-pikuk kehidupan, rasa stres nampaknya sering kita temui dalam rutinitas sehari-hari. Mulai dari dikejar deadline pekerjaan, tugas kuliah yang menumpuk, pengelolaan keuangan dan tabungan, hingga masalah kemacetan saat berkendara di jalan–semua hal tersebut tentu berdampak kepada kesehatan mental. 

Tidak heran kalau isu kesehatan mental kini sering dibicarakan, terutama dengan bagaimana angka prevalensi depresi di Indonesia mencapai 1,4 persen di tahun 2023 .

Hari Kesehatan Mental Dunia yang diperingati setiap 10 Oktober menjadi momentum untuk mengingat bahwa kesehatan mental perlu diberikan perhatian khusus dalam keseharian kita. 


Baca Juga: Cek Cara Menurunkan Gula Darah Setelah Makan Malam

Cove, perusahaan teknologi properti (Proptech) terdepan, percaya bahwa kondisi mental yang baik dapat didukung dari kegiatan-kegiatan sederhana, bahkan yang bisa dilakukan hanya dari tempat tinggal kita. Berikut empat tips dari Cove untuk mengatasi stres dan menjaga kesehatan mental yang dapat kamu lakukan dengan mudah!

Pertama, olahraga yang berfokus pada wellness dan mindfulness.

Yoga menjadi salah satu cara untuk menjaga kondisi mental, karena olahraga tersebut menggabungkan pergerakan badan dengan teknik pernapasan dan meditasi. Kamu bisa memulai Yoga dengan mengikuti kelas Hatha atau Yin Yoga yang lebih berfokus pada pernapasan dan postur. Jika kamu ingin menantang diri, kamu boleh mencoba kelas Vinyasa atau Ashtanga. Tapi, penting diingat bahwa seluruh olahraga pada dasarnya dapat membantu kita dalam mengelola stres.

Bagi kalian anak kosan, Cove memberikan solusi untuk kalian yang ingin berolahraga tanpa ribet. Beberapa dari properti Cove menyediakan fasilitas kolam renang dan ruang olahraga yang lengkap, seperti Cove Casagio, Cipete dan Cove Birah, Senopati. 

Kedua, kelola waktu tidur

Kekurangan waktu istirahat dapat memberikan dampak kurang baik terhadap kondisi mental dan kesehatan secara keseluruhan. Pastikan kamu mendapatkan 7-9 jam waktu tidur setiap harinya agar dapat bangun dengan segar. Hindari beberapa kebiasaan buruk sebelum tidur seperti terlalu larut bermain gadget, mengonsumsi kafein di malam hari, atau tidur siang terlalu lama. 

Cove memahami kualitas tidur yang baik menjadi hal yang penting, termasuk bagi kalian yang tinggal di hunian co-living. Berkomitmen untuk mengutamakan kenyamanan waktu istirahat para penghuninya, Cove menerapkan kebijakan jam tenang pada pukul 9 malam di hari kerja dan 11 malam di akhir pekan untuk menjamin waktu tidur yang cukup dan bebas gangguan.

Ketiga menghias dan merapikan kamar 

Ruang istirahat yang rapi, nyaman, dan enak dilihat dapat meningkatkan quality time kamu dengan diri sendiri. Coba hias kamar kamu dengan tanaman hias, diffuser, lukisan-lukisan aesthetic, lampu tidur, serta gunakan bantal dan selimut yang berkualitas. 

Jangan lupa juga untuk segera membereskan bekas makanan, pakaian kotor, dan barang tidak terpakai agar pikiran tidak mumet. Kalau jadwal kamu padat, jangan khawatir! Cove menjadi hunian yang tepat untuk kalian yang banyak kegiatan dengan penawaran all-in service yang mencakup cleaning service rutin, memastikan kamar kamu tetap rapi.

Keempat, berkumpul dengan orang-orang terdekat

Terkadang, curhat kepada orang terdekat—teman, kolega, pasangan, atau keluarga—dapat melepaskan beban di pikiran kita. Dengan bercerita, kamu bisa mendapatkan sudut pandang lain serta afirmasi yang dapat membantu kamu menavigasi perasaan-perasaan tidak nyaman. Namun, jangan ragu untuk segera mencari bantuan profesional jika diperlukan.

Jika bercerita terasa berat, kamu mungkin bisa melakukan aktivitas lainnya untuk melepas pikiran dari stres sejenak bersama orang terdekat, seperti dengan cafe hopping, bermain board games, atau berlibur singkat dengan staycation. Semua hal tersebut bisa kalian lakukan di Cove. Dengan penawaran sewa harian, kamu bisa staycation di lokasi yang strategis dan mengunjungi cafe-cafe hits, atau menggunakan communal space untuk berkumpul bersama orang terdekat. 

Dengan menerapkan tips-tips di atas, kamu bisa mengurangi rasa stres dalam diri dan mendukung kesehatan mental. Sejalan dengan hal ini, Cove hadir di Indonesia untuk memberikan pilihan kos harian atau bulanan yang mendukung gaya hidup bebas stres.

“Cove percaya bahwa setiap orang berhak atas tempat beristirahat yang terbaik. Oleh karena itu, kami menawarkan berbagai pilihan kamar dengan desain estetik, fasilitas lengkap, dan lokasi strategis untuk pengalaman tinggal yang mudah dan nyaman,” ungkap Dian Paskalis, Country Director of Growth and Regional VP of Online Marketing, Cove, Jumat (11/10/2024).

Cove memiliki penawaran spesial untuk kamu dalam promo 10.10 yang berbarengan dengan Hari Kesehatan Mental Dunia! Dapatkan potongan sebesar 10% dengan tambahan bonus 10% di bulan Oktober 2024 ini dan ciptakan ruang istirahat yang mendukung kesejahteraan mentalmu.

Baca Juga: Kenali 5 Cara Mencegah Asam Urat Secara Alami dan Mudah Dilakukan

Selanjutnya: Prakiraan Cuaca BKMG Hari Ini Wilayah Banten Lengkap (12 Oktober 2024)

Menarik Dibaca: Berapa Jumlah Kolesterol pada Daging Sapi dan Kambing? Ini Perbedaannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati