KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Komposisi belanja iklan industri pertelevisian nasional menurun. Mengutip data Nielsen, komposisi belanja iklan oleh industri pertelevisian turun sejak Oktober hingga Desember 2017 sekitar 8%. Padahal, sejak Januari hingga September 2017, komposisi belanja iklan mencatatkan kenaikan sebesar 11%. Gilang Iskandar, Sekretaris Perusahaan PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) mengatakan, penurunan belanja iklan tersebut sebagai imbas dari pengalokasian dana ke platform media digital. "Itu karena pertumbuhan ekonomi dan sebagian teralokasi ke platform media digital," ujarnya saat dihubungi Kontan.co.id, Minggu (17/12). Terlepas dari itu, Gilang menilai, kondisi industri pertelevisian saat ini menuntut kerja keras dari pelaku bisnis untuk meraih iklan. Pasalnya, persaingan di industri televisi saat ini bukan hanya persaingan sesama televisi, tetapi juga dengan platform media lain seperti digital.
EMTK genjot peluang di platform media digital
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Komposisi belanja iklan industri pertelevisian nasional menurun. Mengutip data Nielsen, komposisi belanja iklan oleh industri pertelevisian turun sejak Oktober hingga Desember 2017 sekitar 8%. Padahal, sejak Januari hingga September 2017, komposisi belanja iklan mencatatkan kenaikan sebesar 11%. Gilang Iskandar, Sekretaris Perusahaan PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) mengatakan, penurunan belanja iklan tersebut sebagai imbas dari pengalokasian dana ke platform media digital. "Itu karena pertumbuhan ekonomi dan sebagian teralokasi ke platform media digital," ujarnya saat dihubungi Kontan.co.id, Minggu (17/12). Terlepas dari itu, Gilang menilai, kondisi industri pertelevisian saat ini menuntut kerja keras dari pelaku bisnis untuk meraih iklan. Pasalnya, persaingan di industri televisi saat ini bukan hanya persaingan sesama televisi, tetapi juga dengan platform media lain seperti digital.