KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah emiten ritel menggenjot ekspansi di tengah tren pemulihan aktivitas ekonomi pasca pandemi. PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA) dan PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) menjadi bagian emiten ritel yang getol menambah gerai baru. ERAA bahkan agresif untuk menggelar diversifikasi dengan melebarkan sayap ke bisnis non-gadget. Pengembangan usaha ERAA mengarah ke segmen bisnis digital, active lifestyle, beauty & wellness, serta food & nourishment. Sekretaris Perusahaan Erajaya Swasembada, Amelia Allen mengungkapkan sepanjang semester I-2023, ERAA sudah membuka 323 gerai baru untuk perluasan jaringan Erajaya Group. Dalam periode enam bulan pertama 2023, ERAA telah menggelontorkan belanja modal (capex) sebesar Rp 472 miliar yang mayoritas dipakai untuk ekspansi gerai.
Baca Juga: Cetak Kinerja Bervariasi, Cek Prospek & Rekomendasi Saham Emiten Ritel Layak Koleksi "Ekspansi yang dilakukan cukup agresif, namun kami akan tetap meng-explore opportunity dan potential lokasi-lokasi baru untuk perluasan jaringan jika memang dibutuhkan," kata Amelia kepada Kontan.co.id, Kamis (3/8). Perluasan jaringan ini memberikan potensi peningkatan pendapatan ERAA di masa mendatang. Hanya saja, dalam jangka pendek peningkatan investasi dalam pembukaan gerai baru memberikan dampak kepada posisi bottom line ERAA, sebagai akibat dari penambahan biaya.
ERAA Chart by TradingView