Erajaya Group Resmi Serahkan Kawasan Wana Erajaya pada KLHK



KONTAN.CO.ID - Erajaya Group secara resmi menyerahkan kawasan Wana Erajaya di Rumpin, Bogor, Jawa Barat, kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada Sabtu(11/11). Pengembangan kawasan ini dimulai sejak 2018 setelah terjalinnya kesepakatan antara Erajaya GroupdenganBalai Pelatihan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BPLHK) dari KLHK untuk melakukan rehabilitasi lahanhutanseluas 6 hektar.

Acara penyerahan berjudul "Wana Erajaya Green Legacy" dihadiri oleh Keith Ardy Hady Wijaya, selaku Direktur Erajaya Group, Jimmy Perangin Angin, Chief Human Capital, Legal, GA, dan CSR ErajayaGroup, bersama Drs. Ade Palguna Ruteka, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDMKLHK, danDr. Ir. Kusdamayanti, M.Si, Kepala Pusat Diklat SDM LHK.

Jimmy Perangin Angin, selaku Chief Human Capital, Legal, GA, dan CSR Erajaya Group mengatakan, “Selama5 tahun terakhir, kami telah mengembangkan Kawasan Wana Erajaya sebagai wujud komitmen kami untukberkontribusi pada lingkungan dan memberdayakan masyarakat sekitar.


Program yang kami jalankantidakhanya mencakup penanaman pohon, melainkan juga usaha maksimal dalam memanfaatkan lahandanhasil kawasan hutan guna menggali potensi ekonomi lokal bagi masyarakat sekitar. Meskipun kawasanini sudahresmi diserahkan ke KLHK, Erajaya akan terus berupaya secara berkelanjutan untuk mengembangkandanmembina agar kegiatan ekonomi UMKM di Kawasan Wana Erajaya tetap optimal.”

“Kami ucapkan terima kasih kepada Erajaya Group yang sudah berkolaborasi dengan Kementerian LingkunganHidup dan Kehutanan melalui BPLHK dalam 5 tahun sejak tahun 2018 dalam upaya bersamauntuk berkontibribusi dalam merehabilitasi kawasan hutan diklat dan juga memberdayakan masyarakat sekitar untukturut menjaga dan merawat pertumbuhan tanaman, masyarakatpun bisa mendapatkan manfaat dalammemanfaatkan keberdaaan hutan ini.

Hutan Wana Erajaya ini, semoga kedepannya bisa memberikanmanfaatyang lebih besar seiring dengan pertumbuhan beberapa puluh tahun kedepan,” ujar Dr. Ir. Kusdamayanti, M.Si selaku Kepala Pusat Diklat SDM LHK.

Selama proses pengembangan kawasan Wana Erajaya, Erajaya Group bersama BPLHK telah melakukanpenanaman pohon secara bertahap dari 2018-2020 dan pemeliharaan yang dilakukan hingga saat ini. Sebanyak6.368 pohon telah ditanam di kawasan tersebut dengan jenis yang beragam seperti mahoni, agatis, jenitri, danlainnya. Penamanan pohon ini berpotensi menghasilkan oksigen 1.833,47 ton per tahun dan mengurangi setidaknya 16.385,36 ton karbon dioksida per tahunnya.

Selain menanam pohon, Erajaya Group juga fokus pada pemberdayaan masyarakat sekitar agar bisameningkatkan perekonomian lokal. Hal ini dilaksanakan melalui program seperti Wanatani, di manasekitar60% dari lahan tersebut digunakan untuk menanam berbagai tanaman seperti sayuran, buah-buahan, rumputuntuk hewan ternak, bahan baku minyak atsiri, dan lainnya.

Saat ini, ada lima kelompok masyarakat yang terlibat dalam berbagai jenis produksi seperti agroforestri, madu, minyak atsiri, jamur tiram, dan kerajinan bambu. Erajaya Group memberikan bantuan di sisi pelatihan, modal, peralatan, dan bantuan dalam pengembangan produksi setelah panen dengan tujuan untuk menghasilkanproduk yang memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi. Sampai saat ini, sekitar 120 keluarga di wilayahRumpintelah aktif terlibat dalam usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta turut merawat tanamandi WanaErajaya.

Acara penyerahan “Wana Erajaya Green Legacy” diramaikan oleh kehadiran lebih dari 200 karyawanbesertaDireksi Erajaya Group, perwakilan BPLHK, dan masyarakat umum di sekitar area Rumpin. Seluruhpartisipanyang hadir bisa bergabung dalam berbagai aktivitas seperti aktivitas dengan kelompok tani, penyemprotaneco-enzyme, eco print, bazar UMKM, camping, pelepasan fauna, hingga serah terima Wana Erajaya.

Tentang Erajaya Group

Berdiri pada tahun 1996, Erajaya menjalankan kegiatan usaha importir, distribusi dan perdagangan ritel perangkat telekomunikasi selular seperti telepon selular dan tablet, subscriber identity module card (SIM Card), voucher isi ulang operator jaringan selular, aksesoris, serta gadget dan produkInternet of Things (IoT) seperti drone, action camera, wearable devices, dan lain-lain.

Pada tahun 2011, Erajaya resmi menjadi perusahaan terbuka danmenjual sahamnya di Bursa Efek Indonesia, langkah tersebut menjadikan Erajaya sebagai perusahaan terbesar dan terpercaya dalambisnisnya di Indonesia.

Tentang Yayasan Erajaya Peduli Bangsa

Yayasan Erajaya Peduli Bangsa merupakan lembaga non-profit yang didirikan oleh PT Erajaya Swasembada Tbk pada tahun 2021. Ini adalah bentuktanggung jawab perusahaan sebagai wadah untuk mengelola kedermawanan dan aktivitas sosial perusahaan secara terpadu, terintegrasi, fokus, danberdampak luas serta berkesinambungan. Yayasan Erajaya Peduli Bangsa juga berkontribusi aktif dan positif dalam mendukung kesejahteraan sosial, kemanusiaan dan keagamaan secara berkelanjutan.

Tentang LENTERA Erajaya Peduli

LENTERA Erajaya Peduli merupakan platform kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan yang terdiri dari 4 pilar, yaitu Lentera Sehat, Lentera Cerdas, Lentera Hijau, dan Lentera Kasih. Program-program ini bertujuan untuk dapat mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG’s) yang berfokus pada kegiatan-kegiatan yang memberikan dampak jangka panjang dan berkelanjutan.

Baca Juga: Erajaya Group Tandatangani Kerjasama dengan 49 Satuan Pendidikan Vokasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti