Erdogan dan putra mahkota Arab Saudi ingin bertemu JK di KTT G-20 Argentina



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wakil Presiden Jusuf Kalla diagendakan bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi Pangeran Mohammed Bin Salman di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 di Buenos Aires, Argentina. 

Kalla menyatakan Erdogan dan Mohammed Bin Salmen yang meminta bertemu dengannya di sela-sela padatnya agenda KTT G-20. Ketika ditanya apa yang akan didiskusikan dengan dua pemimpin negara itu, Kalla mengatakan akan menyampaikan isi pertemuan setelah bertemu dengan mereka. 

“Tentu pembicaraan belum bisa diungkapkan sebelum berbicara. Karena mereka yang meminta kami bertemu," kata Kalla melalui keterangan tertulis dari tim media Wakil Presiden, Jumat (30/11). 

Namun ia memprediksi pertemuan tersebut akan membahas hal-hal yang dapat mempererat hubungan masing-masing negara dengan Indonesia. "Kami sudah bisa memperkirakan pembicaraan nanti. Tapi biasalah (tentang) bagaimana mempererat hubungan dua negara. Dan isu-isu bilateral terhadap dua belah pihak,” lanjut Kalla. 

Kalla sebelumnya juga menyatakan Indonesia akan mengangkat isu perang dagang antara China dan Amerika Serikat (AS) dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 di Buenos Aires, Argentina, 30 November-1 Desember 2018. 

Kalla menilai perang dagang antara China dan AS akan berbahaya bila dibiarkan terus menerus. Mantan Menteri Perindustrian dan Perdagangan ini mengatakan, dampak perang dagang bisa menyebabkan resesi di negara-negara yang menjadi mitra kedua negara tersebut. 

Selain mengangkat isu perang dagang, Kalla juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah negara. Namun ia enggan mengungkapkan negara-negara yang akan menggelar pertemuan secara khusus dengan delegasi Indonesia. 

"Ya beberapa negara lah kita saling bertemu. Sudah ada yang minta kepada saya ada tiga negara kepada Indonesia. Kita juga minta beberapa kepala negara untuk bertemu," lanjut dia. (Rakhmat Nur Hakim)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Erdogan dan Putra Mahkota Arab Saudi Ingin Bertemu JK, Bahas Apa?"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .