Ertiga versi automatic resmi mengaspal



JAKARTA. Pasar low multi purpose vehicle (MPV) menjadi pasar yang menjanjikan di Indonesia. Tak heran apabila banyak pelaku berlomba-lomba memenangkan pasar. Pantas saja, pelaku pasar ini kian giat menambah varian mobilnya, salah satunya Suzuki melalui Ertiga.

Hari ini (17/5),  Suzuki meluncurkan Ertiga versi matic. “Latar belakang diluncurkannya versi matic karena hasil survey. Kami tanyakan kepada konsumen apa yang mereka harapkan untuk ditingkatkan dari Ertiga. Salah satu input yang kami dapatkan dari konsumen di 10 kota besar adalah harapan nadanya Ertiga varian automatic," kata Davy Tuilan, Marketing Director 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dalam peluncuran Ertiga Matic di Mall Kota Kasablanka Jakarta, Jumat (17/5).

Ertiga matic hadir dengan transmisi otomatis atau automatic transmission (A/T) dengan teknologi terkini yakni 4-Automatic Transmission dengan shift line. Teknologi ini terdiri dari Shift Lock (memindahkan gigi dari posisi "P" parking ke "N" netral pada saat engine off dan kondisi parkir paralel), Release Gearshift (tombol untuk perpindahan gigi), dan Overdrive (menambah tenaga pada saat kecepatan maksimal di posisi D).


Davy bilang, dibandingkan Ertiga versi manual, tidak ada perubahan fitur yang dibesut dalam Ertiga Matic. Perbedaannya hanyalah pada transmisi automatic yang diusung Ertiga sudah disesuaikan rasionya di masing-masing gigi dengan kebutuhan jalanan Indonesia seperti menanjak, berliku, dan sebagainya.

Mengenai aspek keamanan, Ertiga Matic telah menggunakan Dual SRS Airbag (tipe GX) pada pengemudi dan penumpang depan, Side Impact Beam, Anti Lock Braking System dan Electronic Brake Force System (ABS dan EBD) untuk tipe GX, serta Collapsible Steering Colum yakni batang stir akan patah sehingga stir tidak akan membentur dada pengemudi saat terjadi benturan.

Di sisi interior, Ertiga Matic tetap mengusung sistem Integrated Audio 2-DIN System dengan koneksi USB serta tombol kontrol audio yang menyatu dengan setir, Tilt Steering, Panel Multi Information Display (MID) yang modern. Grill Depan Krom yang modern pun menjadi sentuhan desain eksterior yang tak ketinggalan dalam mobil dengan kapasitas tujuh penumpang ini.

"Hadirnya Ertiga Matic tentunya akan menambah amunisi Ertiga di pasar. Karena, realita pasar khususnya kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Denpasar permintaannya untuk kendaraan transmisi automatic sangat besar," tandas Endro Nugroho, 4W Sales Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS)

Adapun mengenai harga, untuk On The Road (OTR) Jabodetabek, Ertiga seri GL A/T dibanderol dengan harga Rp 173,8 juta per unit dan Rp 185,8 juta per unit untuk Ertiga tipe GX A/T. "Kira-kira selisih Rp 11 juta dibandingkan versi (Ertiga) manual," pungkas Endro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri