ESB Menyiapkan Solusi untuk Pebisnis Kuliner Pemula dan Hadir di IFBC Expo 2023



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Waralaba masih menjadi salah satu pilihan utama memulai bisnis. Selain peluang cukup terbuka, bisnis waralaba cenderung sudah dikenal orang. Sehingga tidak perlu membangun brand dari nol. 

Saat ini waralaba di bidang kuliner masih menjadi favorit. Pada 2021, Kementerian Perdagangan menyebut kuliner sebagai bidang yang mendominasi bisnis waralaba di Indonesia. Porsinya sebesar 53%, menyusul bidang ritel sebesar 15,3%. 

Bisnis waralaba kuliner menjadi primadona karena pasar besar, kemudahan menjalankan usaha dengan dukungan pemilik waralaba atau franchisor, serta memiliki tingkat risiko rendah dan potensi keuntungan yang lebih besar karena branding yang sudah terbentuk.


Baca Juga: ESB Raih Pendanaan Seri B US$ 29 Juta dari Northstar Group dan Alpha JWC Ventures

Namun pemegang waralaba umumnya adalah pebisnis pemula. Dan tidak sedikit yang gagal sebab belum adanya sistem operasional bisnis yang matang.

PT Esensi Solusi Buana (ESB) hadir sebagai sebuah solusi bagi pemula di bisnis kuliner. ESB memiliki teknologi software yang terintegrasi khusus untuk operasional bisnis kuliner. Teknologi ini dapat meningkatkan laba bisnis kuliner melalui efisiensi waktu, biaya, serta layanan yang efektif untuk para pengguna ekosistem ESB.

CEO dan Co-Founder ESB, Gunawan mengungkapkan, ESB adalah solusi untuk membantu operasional para pebisnis kuliner pemula. Platform teknologi ESB menghadirkan solusi end-to-end berbasis cloud untuk membantu pelaku usaha kuliner mengelola operasional bisnis kuliner mereka.

Baca Juga: ESB Dorong Digitalisasi UMKM di Surakarta Melalui Edukasi Teknologi

“Sehingga pemilik bisnis dapat fokus melakukan keahlian utama mereka, yaitu mengembangkan bisnis kuliner,” ujar Gunawan, dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Sabtu (11/3).

Ekosistem ESB memungkinkan pengusaha kuliner untuk menjalankan bisnis hanya melalui satu platform. Contohnya pemesanan bahan makanan melalui ESB Goods, layanan kasir melalui ESB POSLite. Kemudian pemesanan melalui ESB Order dan reservasi melalui ESB Book. Hingga layanan loyalty program melalui ESB Loop.

Melengkapi ekosistem digital ESB, hadir platform berbasis website yaitu Ayomakan.  Melalui Ayomakan, ESB tidak hanya membantu operasional bisnis merchant, tapi dapat meningkatkan transaksi merchant dengan membantu paparan brand mereka, memudahkan order, sampai pembayaran.

Ayomakan juga menjadikan merchant lebih mudah dijangkau oleh konsumen yang ingin melakukan delivery order, pick up hingga reservasi. Konsumen juga dapat mencari referensi tempat makan, melihat tren, dan review melalui Ayomakan.

Terkait perkembangan bisnis kuliner, ESB hadir di di Info Franchise & Business Concept (IFBC) Expo 2023. Pameran ini erlokasi di Hall 1 ICE BSD Tangerang pada 10-12 Maret 2023. IFBC Expo 2023 diselenggarakan oleh Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) bersama dengan Neo Expo Promosindo (Neoexpo) sebagai sarana referensi peluang usaha dan insight entrepreneurship terkini. Acara ini diikuti oleh 170 brand peluang usaha baik nasional maupun luar negeri.

Di IFBC Expo 2023 ini, ESB akan memberikan penawaran khusus. ESB memberikan promo spesial mulai dari Rp 1.300 per outlet perhari untuk aplikasi kasir digital, ESB POSLite.

Selama gelaran ini, pebisnis juga bisa mengganti sistem aplikasi point of sales (POS) lama dengan ESB POSLite. Program khusus tersebut ditambah dengan dukungan sistem terintegrasi ESB selama 1 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ahmad Febrian