ESDM klaim PJU-TS 2019 mampu hemat biaya konsumsi listrik sekitar Rp 7,8 miliar



KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan (EBT) dan Konservasi Energi menyebut Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) dapat tingkatkan penghematan hingga Rp 7,8 miliar.

Asal tahu saja, pada tahun 2019 kementerian ESDM menargetkan pemasangan PJU-TS di 31.009 titik di tanah air.

Jika proyek PJU-TS sudah selesai maka segala proses pengawasan dan perawatan akan diserahkan kepada pemerintah daerah setempat. PJU-TS juga dianggap sebagai solusi bagi daerah-daerah yang belum memiliki akses listrik PLN.

Setiap unit PJU-TS memiliki daya sekitar 40 watt. Unit PJU-TS juga dirancang untuk menyala sekitar 12 jam. Berdasarkan perhitungan yang ada, dengan tarif listrik PJU (bulan Januari-Maret 2019) P3-TR yang ditentukan PLN berada di kisaran Rp 1.467/Kwh maka akan diperoleh perhitungan sebagai berikut.

Dalam satu bulan setiap unit PJU-TS memiliki besaran energi sekitar 14,4 KiloWatt Hour (Kwh). Dengan tarif PJU yang ada tadi maka setiap bulan, satu unit PJU-TS dapat menghemat biaya hingga Rp 21.000.

Dengan dasar perhitungan tersebut, total target unit PJU-TS 2019 yang berjumlah 31.009 unit akan menghemat biaya sekitar Rp 655 juta/bulan atau dalam hitungan setahun dapat menghemat biaya hingga Rp 7,8 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Azis Husaini