Esemka bakal jadi pilihan mobil dinas pemerintah



JAKARTA. Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) menjanjikan, akan menampilkan mobil produksi nasional dalam electronic catalog (e-katalog) yang ada di situs LKPP. Salah satu mobil yang akan dicantumkan itu adalah Esemka.

Hal itu disampaikan oleh Bima Haria Wibisono, Deputi Bidang Monitoring Evaluasi dan Pengembangan Sistem Informasi LKPP. "Mobil Esemka, GEA, dan Tawon akan masuk dalam e-katalog mulai Januari 2013,"  ujar Bima saat jumpa pers di kantornya, Jakarta, Kamis (27/12).

Bima bilang, masuknya jajaran mobil rakitan nasional itu akan melengkapi merek mobil yang sudah ada di e-katalog LKPP sebelumnya. Bima menjamin, mobil nasional di e-katalog lebih murah dibandingkan harga beli di pasaran.


"Sama seperti produk yang lain, penawaran mobil nasional nanti harus 80% dari harga yang dijual di pasaran," ujarnya. Bima membanggakan, hampir semua produk mobil yang ada di Indonesia sudah ditawarkan di e-katalog LKPP.

"Hanya mobil Trans Jakarta, pemadam kebakaran dan kendaraan khusus saja yang belum ada disana," kata Bima sembari tertawa.

Agus Rahardjo, Ketua LKPP mengatakan, adanya tambahan produk e-katalog itu akan menambah pilihan pengadaan barang oleh pemerintah. "Selain dapat harga murah, kualitasnya juga tetap terjamin," kata Agus.

Agus bilang, saat ini beberapa produk baru akan ada e-katalog LKPP, yang terbaru adalah pelayanan jasa internet service provider (ISP) yang baru diresmikan akhir Desember 2012 ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri