EU sepakati manajemen krisis di 2013, euro tertopang



BRUSsELS. Kesepakatan pemimpin negara Uni Eropa untuk membangun mekanisme manajemen krisis pada 2013 menguatkan nilai euro terhadap dollar.

Hingga pukul 13.10 WIB, pairing EUR/USD menguat ke 1,3286 dari posisi kemarin di 1,3244. Ini merupakan reli hari keduanya setelah UE memutuskan mekanisme manajemen krisis, kemarin.

UE memutuskan pembentukan mekanisme tersebut untuk menahan guncangan hutang negara kawasan Uni Eropa di masa mendatang. Kemarin, ECB juga menyatakan akan menambah modal senilai 5 miliar euro atau setara US$ 6,6 miliar menjadi 107,6 miliar euro, mulai 29 Desember.


Naoto Minatogawa, analis mata uang di Himawari Securities Inc di Tokyo, menyebut ECB sudah mengambil langkah untuk meningkatkan modal. "Hal ini akan mengurangi tekanan pada euro," ujarnya.

Pergerakan euro hari ini juga bakal dipengaruhi rilis data ekonomi dari kawasan Eropa. Jerman akan merilis data tingkat kepercayaan bisnis untuk Desember yang diperkirakan mendekati rekor, pada Jumat (17/12) ini.

Namun, Manabu Tamaru, manajer investasi dari Baring Asset Management di Tokyo menyebut, meski ekonomi Jerman bagus, tidak berarti ekonomi Eropa secara keseluruhan membaik. "Euro masih mungkin turun ke bawah US$ 1,3 per euro," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini