Euro 2024: Kenangan Manis dan Pahit Para Manajer Inggris Vs Belanda



KONTAN.CO.ID - JAKARTA - Gareth Southgate dari Inggris dan Ronald Koeman dari Belanda akan bertemu di semifinal Euro 2024 pada hari Rabu, dan kedua manajer ini memiliki kenangan manis saat menghadapi lawan yang sama sebagai pemain di Kejuaraan Eropa, meskipun dengan hasil akhir yang berbeda.

Belanda mengikuti Euro 1988 dengan Koeman sebagai jantung pertahanan dalam tim yang termasuk Frank Rijkaard, Ruud Gullit, Marco van Basten, dan saudara laki-laki Koeman, Erwin, yang saat ini menjadi asisten manajernya.

Inggris dan Belanda bertemu di babak grup dalam pertandingan penting setelah keduanya kalah di pertandingan pembukaan mereka, dengan Inggris dikejutkan oleh Irlandia dan Belanda dikalahkan oleh Uni Soviet.


Baca Juga: Wasit Semi-final Euro Inggris vs Belanda Memiliki Sejarah dengan Bellingham

Tendangan Inggris dua kali mengenai mistar gawang di babak pertama sebelum Van Basten membawa Belanda unggul, dan meskipun Bryan Robson menyamakan kedudukan setelah istirahat, Van Basten melengkapi hat-trick-nya dalam Belanda membawa kemenangan 3-1.

Koeman mencetak gol penalti dalam kemenangan 2-1 di semifinal atas tuan rumah Jerman Barat, tetapi mungkin lebih diingat karena kejadian setelah pertandingan tersebut, bertukar kaos dengan Olaf Thon dan berpura-pura mengelap pantatnya dengan itu.

Belanda kemudian memenangkan trofi besar pertama dan satu-satunya hingga saat ini, mengalahkan Uni Soviet di final, dengan Koeman sebagai salah satu dari enam pemain Belanda yang masuk dalam Tim Turnamen UEFA.

Koeman memainkan pertandingan internasional terakhirnya di Piala Dunia 1994 sementara Southgate memulai debutnya di Inggris pada akhir 1995, dan selalu hadir dalam tim yang memikul impian Inggris di Euro 1996.

Inggris bermain melawan Belanda di Stadion Wembley pada pertandingan grup terakhir, dengan kedua tim sama-sama memiliki empat poin di puncak Grup A, dan tuan rumah memberikan apa yang dianggap banyak orang sebagai salah satu penampilan terbaik mereka.

Baca Juga: Link Live Streaming Rumania vs Belanda di Babak 16 Euro 2024, Catat Prediksinya

Inggris menunjukkan kelasnya melawan Belanda, memimpin 4-0 dengan Alan Shearer dan Teddy Sheringham masing-masing mencetak dua gol sebelum Patrick Kluivert mencetak satu gol 12 menit dari waktu, gol yang membawa mereka lolos dengan mengorbankan Skotlandia.

Kemenangan tersebut membuat Inggris benar-benar percaya, dan kesuksesan adu penalti melawan Spanyol mengikuti, tetapi hasil imbang 1-1 di semifinal dengan Jerman membuat mereka harus menghadapi adu penalti sekali lagi.

Kedua tim berhasil mencetak lima tendangan pertama mereka sebelum Southgate maju untuk penalti sudden death pertama, menempatkan tendangannya terlalu dekat dengan kiper. Andreas Moeller mengonversi tendangannya dan Jerman melanjutkan untuk memenangkan Euro.

Inggris pergi 22 tahun tanpa kemenangan atas Belanda setelah kemenangan itu, tetapi Southgate berada di pucuk pimpinan ketika mereka mengakhiri kekeringan dengan kemenangan persahabatan 1-0 pada tahun 2018, pertandingan pertama Koeman sebagai manajer tim Belanda.

Koeman membalas dendam setahun kemudian dengan kemenangan 3-1 di semifinal Liga Bangsa-Bangsa tetapi para manajer sekarang akan bertarung di Dortmund untuk hadiah yang jauh lebih besar dengan final Euro di tangan.

Editor: Syamsul Azhar