Euro tunduk di hadapan Loonie



JAKARTA. Nilai tukar euro (EUR) diperkirakan masih akan tertekan di hadapan dollar Kanada (CAD) atau Loonie. Mengutip Bloomberg, Jumat (22/7), pasangan EUR/CAD tergerus 0,15% dibanding hari sebelumnya ke posisi 1,4408.

Wahyu Tri Wibowo, Analis Central Capital Futures mengatakan, koreksi pasangan EUR/CAD, terjadi karena posisi euro yang sedang tertekan. Penyebabnya, pada pertemuan European Central Bank (ECB) terakhir, para pejabat membuka peluang pelonggaran stimulus tambahan jika diperlukan bagi ekonomi Eropa ke depan.

Imbasnya, meski suku bunga di tahan, euro tetap melemah. Padahal, dari sisi Loonie juga sedang tertekan akibat data inflasi dan penjualan ritel Prancis yang lemah. "Namun hal tersebut tidak lantas mampu mendorong euro mengungguli dollar Kanada," papar Wahyu.

Loonie dipandang pasar lebih baik dari euro yang terhimpit goncangan ekonomi pasca British Exit (Brexit). “Terlihat konsolidasi namun kecenderungan tetap melemah dalam level sempit untuk Senin (25/7),” proyeksi Wahyu.

Di awal pekan nanti, data iklim bisnis Jerman akan jadi penentu. “Jika turun seperti prediksi, pasangan EUR/CAD akan lanjut koreksi. Namun jika sebaliknya, EUR bisa unggul karena masih ditopang sisi teknikal yang bisa bargain hunting," imbuh Wahyu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini