Everton bangun stadion senilai £ 500 juta



KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Bertahun-tahun berada di bawah bayang-bayang Liverpool, Everton bersiap menancapkan kukunya di Liga Inggris bahkan Eropa. Salah satu cara adalah dengan membangun stadion baru.

Klub yang musim lalu berada di peringkat delapan Premier League ini akhirnya merilis desain untuk stadion anyar mereka. Rencananya, stadion megah tersebut berada di atas galangan kapal yang terletak di demaga Bramley-Moore, yang berada di Liverpool Utara.

Baca Juga: Tottenham Hotspur siapkan Rp 1,4 Triliun untuk pemain Juventus Paulo Dybala

Everton bakal menghabiskan dana hingga £ 500 juta untuk stadion berkapasitas 52.000 penonton itu. Kapasita tersebut lebih besar ketimbang Goodison Park, markas Everton saat ini, yang hanya menampung 40.000 penonton.

The Toffees, julukan Everton, berharap dapat mulai mega proyek ini pada 2020 mendatang. Dan di targetkan dapat selesai sekitar tahun 2023-2024. 

Mengutip The Guardian, manajemen Everton menyebut, dengan adanya stadion baru ini, dapat menggenjot perekonomian kota Liverpool hingga £ 1 miliar. "Ini akan menjadi tonggak yang sangat penting bagi klub dan kota," kata CEO Everton Denise Barrett-Baxendale.

Baca Juga: Ustaz Yusuf Mansur: Usai Kalahkan Brondby, Lechia Gdanks Bawa Paytren Mendunia

Rencananya, stadion lama Everton bakal dihancurkan. Alih-alih dijual ke perusahaan properti, lahan bekas stadion Goodison Park akan digunakan sebagai ruang publik. Asal tahu saja, kandang Everton tersebut sudah berumur 127 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari