JAKARTA. Tahun ini, PT XL Axiata Tbk (EXCL) mengalokasikan belanja modal atau capital expenditure (capex) senilai Rp 7 triliun, setara alokasi anggaran capex tahun lalu. Namun di tahun 2015, manajemen hanya menyerap belanja modal Rp 4,1 triliun. EXCL akan menggunakan belanja modal tahun ini untuk ekspansi layanan data, digitalisasi dan ekspansi anak usaha. Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini optimistis, kinerja EXCL tahun ini akan lebih baik. "Ini waktunya bertumbuh, akan ada layanan baru," ungkap dia, Selasa (2/2). EXCL akan fokus ekspansi ke sektor e-commerce melalui situs jual beli elevenia.com.
Di situs ini, operator telekomunikasi yang mayoritas sahamnya milik Malaysia ini akan menambah modal. EXCL juga akan merambah bisnis periklanan dengan mengakuisisi perusahaan periklanan berskala Asia, Adknowledge. Namun manajemen enggan menyebutkan nilai investasi di elevenia.com dan Adknowledge. Di bisnis utama, EXCL fokus mengembangkan layanan long-term evolution (LTE). Layanan ini sudah berjalan di empat kota dan terus diperluas. Proyek lain adalah digitalisasi layanan. "Kami mendigitalkan semua proses bisnis. Marketing, sales dan network diubah ke digital. Kami berusaha menjual lebih banyak lewat e-channel, lewat aplikasi," ungkap Dian.