FAA kaji pemakaian barang elektronik di pesawat



Tak lama lagi, para penumpang pesawat terbang bisa menggunakan iPad atau peralatan elektronik lainnya selama penerbangan penuh. The Federal Aviation Administration (FAA) mengaku akan mulai mengkaji kemungkinan tersebut.FAA menargetkan akan mengeluarkan rekomendasi hingga Maret 2013 mendatang. Namun, bisa saja rekomendasi itu keluar lebih lama.

Rencananya, FAA akan membentuk komite untuk mengkaji rencana tersebut. Komite tersebut akan bekerja selama enam bulan dan mengeluarkan rekomentasi. Komite ini akan terdiri dari ahli dari perusahaan telepon seluler, produsen pesawat, pilot dan pramugari, maskapai dan asosiasi penumpang. FAA juga akan meminta masukan dari publik.Namun, Juru bicara FAA Brie Sachse mengatakan, pihaknya belum memilih anggota komite itu. Dia menolak berkomentar ketika ditanya prosesnya sangat lama.

Pada Maret lalu, FAA mengatakan, kemungkinan akan melonggarkan pemakaian barang elektronik di dalam pesawat. Badan regulasi penerbangan ini berjanji akan mengeksplorasi dengan seluruh para stakeholder.Pemakaian telepon genggam dan komputer tablet selama ini memang sudah biasa di kabin pesawat. Bahkan, pilot juga memakai iPad di cockpit. Namun, peralatan elektronik tersebut harus dimatikan jika pesawat terbang dibawah 10.000 kaki. Ini karena penggunaan barang elektronik ini akan menganggu peralatan di cockpit.


Editor: Edy Can