Facebook incar India, Indonesia, Pakistan, Nigeria



SAN FRANCISCO. Setelah melewati 1 miliar pengguna, Facebook Inc. mematok target baru, 5 miliar pengguna di dunia. Jejaring sosial milik miliarder Mark Zuckerberg ini bakal berhasil mengejar target kalau berekspansi ke pasar-pasar yang masih segar, berpopulasi tinggi, namun tingkat penggunaan Facebook masih minim.Hingga Mei tahun lalu, setengah pendapatan Facebook berasal dari luar negeri. Menurut iStrategyLabs pada VentureBeat, India, Indonesia, Pakistan, Nigeria, adalah empat negara yang cocok untuk mengejar pertumbuhan pengguna baru. Pasar ini akan menjadi lahan baru Facebook mencari pengguna baru, di tengah jenuhnya pasar Amerika Serikat (AS) dan Eropa. Dengan mencatat 102 juta pengguna di India, Facebook baru merangkul 8,2% warga di negara yang baru menggelar pemilu ini. Masih ada 1,1 miliar potensi pengguna Facebook India yang belum pernah mendaftar di Facebook.Menguasai 50% pasar di India saja sudah menyumbang 550 pengguna baru Facebook. Potensi di India jauh lebih besar ketimbang di AS. Saat ini sudah 56,5% warga AS memanfaatkan Facebook. Jika ingin merangkul seluruh warga AS, potensinya tinggal 138,9 juta.

China merupakan pasar potensial juga. Namun, ketatnya penggunaan internet di sana tak memungkinkan Facebook bermanuver menggaet pengguna baru.Maret lalu, Tribunnews mengabarkan, Facebook akan mendirikan kantor perwakilan di Indonesia. Dan Neary, Wakil Presiden Facebook Asia Pasifik bahkan sudah bertemu dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama membicarakan rencana ini. Alasan Facebook membuka kantor di Facebook, Indonesia menyumbang 65 juta pengguna, dan 90% di antara mereka menggunakan secara aktif. Facebook membuka diri dimanfaatkan untuk meningkatkan sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM) hingga komunikasi politik di Tanah Air. Menurut iStrategyLabs, tingkat penetrasi Facebook di Indonesia masih 26%.


Infografik populasi pengguna Facebook

Country Population #Facebook Users % of Population Using Facebook
United Kingdom 63,742,977 36,000,000 56,48%
United States 318,892,103 180,000,000 56,45%
Canada 34,834,841 19,600,000 56,27%
Argentina 43,024,374 24,000,000 55,78%
Malaysia 30,073,353 16,000,000 53,20%
Colombia 46,245,297 22,000,000 47,57%
Turkey 81,619,392 38,000,000 46,56%
Brazil 202,656,788 92,000,000 45,40%
France 66,259,012 30,000,000 45,28%
Mexico 120,286,655 54,000,000 44,89%
Peru 30,147,935 13,200,000 43,78%
Italy 61,680,122 26,000,000 42,15%
Spain 47,737,941 20,000,000 41,90%
Thailand 67,741,401 28,000,000 41,33%
Venezuela 28,868,486 11,200,000 38,80%
Philippines 107,668,231 38,000,000 35,29%
Germany 80,996,685 28,000,000 34,57%
Poland 38,346,279 12,200,000 31,82%
Saudi Arabia 27,345,986 8,400,000 30,72%
South Korea 49,039,986 13,600,000 27,73%
Indonesia 253,609,643 66,000,000 26,02%
Vietnam 93,421,835 24,000,000 25,69%
Egypt 86,895,099 19,600,000 22,56%
Iraq 32,585,692 7,200,000 22,10%
South Africa 48,375,645 10,000,000 21,91%
Morocco 32,987,206 7,200,000 21,83%
Algeria 38,813,722 6,800,000 17,52%
Japan 127,103,388 22,000,000 17,31%
Nepal 30,986,975 3,600,000 11,62%
Ghana 25,758,108 2,400,000 9,32%
Kenya 45,010,056 4,000,000 8,89%
India 1,236,344,631 102,000,000 8,25%
Pakistan 196,174,380 14,200,000 7,24%
Ukraine 44,291,413 3,200,000 7,22%
Nigeria 177,155,754 12,400,000 7,00%
Russia 142,470,272 8,600,000 6,04%
Yemen 26,052,966 1,540,000 5,91%
Bangladesh 166,280,712 7,600,000 4,57%
Uganda 35,918,915 1,240,000 3,45%
Mozambique 24,692,144 820,000 3,32%
Tanzania 49,639,138 1,560,000 3,14%
Afghanistan 31,822,848 980,000 3,08%
Burma/Myanmar 55,746,253 1,620,000 2,91%
Ethiopia 96,633,458 1,780,000 1,84%
Congo (Kinshasa) 77,433,744 1,080,000 1,39%
Uzbekistan 28,929,716 300,000 1,04%
Sudan 35,482,233 90,000 0,25%
China 1,355,692,576 840,000 0,06%
Nort Korea 24,851,627 8,000 0,03%
Iran 80,840,713 "Cant Target" N/A
Sumber: iStrategyLabs

Editor: Sanny Cicilia