FDI China turun, bursa Shanghai merah



BEIJING. Saham-saham China kejeblos lagi, kembali ke level terendah dalam tujuh pekan. Kabar penurunan investasi langsung alias foreign direct investment ke China menjadi pemicunya.

Indeks komposit Shanghai kehilangan 0,5% ke 2.006,05 pada pukul 01.18 siang waktu Shanghai.  Indeks CSI 300 juga turun 0,5% ke 2.164,74,

Indeks Shanghai sudah terjun 8,5% tahun ini, mendorong pemerintah China melakukan langkah untuk mendorong lagi pasar seperti memangkas pajak dividen. Pajak dividen investor yang memegang saham lebih dari satu tahun akan dikurangi separuhnya.


FDI di China turun 0,2% di bulan Oktober menjadi US$ 8,31 miliar dari setahun lalu. Menurut Kementerian Perdagangan China. ini merupakan penurunan ke-11 dalam 12 bulan. Dalam 10 bulan sebelumnya, nilai investasi langsung yang masuk China sudah turun 3,45% ke US$ 9,17 miliar dibandingkan setahun lalu.

“Kita bisa melihat ada banyak faktor ketidakpastian yang memberatkan ekonomi gobal dan aspek yang paling parah adalah pelemahan ekonomi dunia,” ujar jurubicara Kementerian Perdaangan Shen Danyang kepada wartawan hari ini.

Menurut data Bank Dunia, ekspor China totalnya bernilai 31% dari PDB dan sekitar 200 juta tenaga kerja China bekerja di sektor ekspo. Dus, FDI merupakan alat ukur penting dalam konsumi domestik.

Ekspor China di bulan Oktober sendiri naik. ”Kami bisa bilang bahwa sangat sulit untuk memenuhi  target pertumbuhan perdagangan tahunan 10% di tahun ini,” kata Shen.

Editor: