Fed Rate Dipangkas, Saham Asia Menari Riang



TOKYO. Keputusan the Federal Reserve (the Fed) untuk memangkas suku bunga acuannya memberikan sentimen positif bagi pergerakan indeks saham Asia. Pada pembukaan pagi ini, bursa regional tampak bergairah. Pada pukul 09.35 waktu Tokyo, MSCI Asia Pacific Index mengalami kenaikan sebesar 2,1% menjadi 89,26. Dari empat saham yang naik, hanya ada satu saham saja yang mengalami penurunan. Jika dilihat, sepanjang tahun ini, MSCI Asia Pacific Index sudah melorot sebesar 45%.

“Tingkat kepercayaan sudah mulai kembali ke pasar finansial dan Anda tidak akan lagi melihat ada isu sistemik yang muncul ke permukaan. Resesi saat ini semakin membaik dan sudah terbayar mahal,” papar Sean Fenton dari Tribeca Investment Partners di Sydney.

Sementara itu, indeks acuan Jepang Nikkei 225 juga mengalami kondisi serupa dengan kenaikan sebesar 1,3% menjadi 8.674,75. Hal ini disebabkan adanya taruhan yang beredar di kalangan investor di mana bank sentral akan menurunkan suku bunga acuannya.


Sekadar tambahan saja, berdasarkan kalkulasi yang dibuat oleh JPMorgan Chase & CO, para investor melihat ada kemungkinan sebesar 40% untuk bank sentral memangkas suku bunga semalam (overnight) dari posisi 0,3% pada pertemuan yang akan berlangsung pada minggu ini.

Sedangkan S&P/ASX 200 Index mengalami kenaikan 2,1% menjadi 3.630,30. NZX 50 Index milik New Zealand naik tipis 0,7%.

Berikut merupakan beberapa perusahaan yang mengalami kenaikan pada transaksi perdagangan pagi ini. BHP Billiton Ltd yang merupakan perusahaan pertambangan terbesar dunia mengalami kenaikan sebesar 4,3%. Sedangkan Newcrest Mining Ltd yang merupakan perusahaan tambang emas nomor satu Australia melonjak sebesar 3,5%. Dan di Jepang, Mitsubishi UFJ Financial Group Inc melompat 3%, dan memimpin kenaikan di antara bank-bank lain di Negeri Sakura itu.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie