RIO DE JANEIRO. Perhelatan akbar Piala Dunia Brasil 2014 dipastikan menarik hati miliaran pasang mata warga dunia. Tak heran jika perusahaan rela merogoh kocek jumbo untuk menjadi sponsor resmi Piala Dunia Brasil 2014. Tak terkecuali Hyundai Motor Co. Perusahaan otomotif dari Korea Selatan (Korsel) ini khusus mengemas ajang Piala Dunia menjadi program pemasaran. Hyundai menjanjikan perpanjangan garansi mobil setahun, total menjadi enam tahun, bagi konsumen yang membeli mobil Hyundai pada periode 1 Januari hingga 13 Juli 2014 mendatang. Syaratnya, tim sepakbola Brasil sukses menjadi jawara Piala Dunia tahun ini. Iklan Hyundai memasang kalimat “hexa,” yang dalam bahasa Portugis berarti keenam. Ini terkait gelar juara keenam tim Brasil andai berhasil menjadi juara Piala Dunia 2014.
Sayangnya, strategi promosi Hyundai ini menuai protes dari Federasi Sepakbola Brasil (CBF). Persatuan sepakbola Negeri Samba ini memprotes iklan sekaligus materi promosi Hyundai tersebut. Carlos Eugenio, Direktur Hukum CBF menyatakan, promosi Hyundai melanggar hak cipta. Sebab, "Hyundai telah menggunakan intelektual properti tim Brasil atau CBF di iklan tersebut," ujar dia, mengutip Bloomberg, Selasa (11/3).