Festival Belanja Online Ditunggu Pelanggan, Penjual Raup Untung Berlipat Cara Tepat



KONTAN.CO.ID - Studi konsumen yang dilakukan Lazada bersama dengan Milieu Insight pada 2022 di enam negara tempat Lazada beroperasi (Indonesia, Singapura, Filipina, Malaysia, Vietnam, dan Thailand), mengungkap bahwa sejumlah besar pembeli (73%) menganggap belanja online sebagai hal yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, studi yang sama juga mengungkapkan bahwa 67% pembelanja masih menantikan kampanye mega, termasuk festival belanja tanggal kembar. Lebih lanjut, studi Populix 2023 menunjukkan 91% masyarakat pernah belanja online saat festival belanja tanggal kembar. Studi yang sama juga menunjukkan 5 dari 10 masyarakat mengatakan pasti akan berbelanja di momen kampanye itu.

Bagaimana tidak, berbagai promo dan penawaran digelontorkan oleh banyak brand dan penjual di platform eCommerce, ditambah lagi dukungan dari platform eCommerce, di antaranya dengan berbagai voucher dan penawaran gratis ongkos kirim, memberikan kesempatan bagi para pelanggan untuk mendapatkan barang idaman dengan harga terbaik.

Sebagai salah satu pelopor hari belanja online nasional (Harbolnas), Lazada Indonesia (Lazada) juga merasakan adanya peningkatan penjualan saat festival belanja online dari waktu ke waktu. Karena itulah, Lazada mendorong brand dan penjual yang ada di ekosistem untuk memanfaatkan momentum festival belanja online demi meningkatkan penjualan dengan fokus pada memastikan layanan dan operasional yang unggul.


Chief Operating Officer Lazada Indonesia, Nicola Jiang saat berbicara dalam acara eCommerce Expo 2024 beberapa waktu lalu mengatakan, “Layanan dan operasional yang unggul merupakan landasan untuk pertumbuhan jangka panjang, retensi pelanggan, dan pengembangan bisnis. Karena itulah, sangat penting bagi para brand dan penjual untuk memastikan layanan dan operasional yang unggul, khususnya pada saat musim festival belanja online di mana pasti terjadi peningkatan traffic ke toko.”

Menurut Nicola, layanan dan operasional yang unggul pasti akan membawa pada kepuasan pelanggan, pembelian berulang, tinjauan (review) yang positif, dan pada akhirnya, terbentuk kepercayaan dan loyalitas pelanggan terhadap produk, brand, ataupun toko penjual. Bagaimanakah layanan dan operasional yang unggul menurut Lazada, khususnya untuk bisa meraup keuntungan berlipat saat festival belanja di eCommerce, terutama jelang festival belanja 10.10 mendatang? Apa yang harus dilakukan saat persiapan, selama, hingga setelah festival belanja online selesai?

Simak penuturan Nicola berikut ini.

1.Pastikan persiapan yang matang jelang musim festival belanja online Perencanaan suplai barang dan strategi optimasi produk andalan yang tepat menjadi hal mutlak yang harus dilakukan penjual. Manfaatkan inventory dashboard yang ada di Seller Center untuk manajemen stok barang secara real time serta mendapatkan data perkiraan permintaan barang. Setelah memastikan tampilan toko dan juga produk bisa menarik pelanggan, rencanakan pemanfaatan fitur promosi berbayar Lazada untuk membantu mempromosikan produkmu secara lebih agresif. Yang terpenting, tentukan strategi harga yang tepat, yang bisa menarik pembeli namun tetap mempertahankan keuntungan.

2.Pastikan layanan dan operasional yang unggul selama festival belanja online berlangsung Optimalkan penggunaan fitur di platform untuk data dan wawasan secara real time. Di Lazada, fitur Bisnis Analisis yang ada di Seller Center Lazada bisa memberikan data dan analisis kinerja toko dan produk saat festival berlangsung, sehingga penjual bisa langsung mengubah strategi penjualan, apabila diperlukan.

Pemenuhan pesanan yang efisien dengan menggunakan layanan logistik terpercaya. Pilihlah layanan logistik yang bisa membantu sesuai kebutuhanmu. Di Lazada, ada Lazada Logistics yang menyediakan layanan pemenuhan logistik menyeluruh, yang juga didukung oleh banyak mitra logistik lokal lainnya untuk pemenuhan dan pengiriman paket yang tepat waktu dan terpercaya.

Lakukan strategi promosi dan pemasaran yang efektif. Menggunakan media sosial dan platform komunikasi lain yang dimiliki tokomu bisa menjadi saluran promosi tambahan untuk kampanye tokomu di Lazada. Berkolaborasi dengan influencer bisa kamu pertimbangkan untuk membantu mempromosikan toko dan produk jualanmu.

Berpartisipasilah dalam program promosi serta maksimalkan penggunaan fitur di eCommerce yang bisa membantu mendorong penjualan. Lazada menyediakan fitur seperti voucher, flash sale (LazFlash), livestreaming(LazLive), maupun fitur gamifikasi seperti LazCoins yang bisa mendorong pelanggan untuk berbelanja.

Tingkatkan pengalaman pelangganmu. Kepercayaan dan loyalitas pelanggan berangkat dari kepuasan atas layananmu, yang bisa menghasilkan pembelian berulang dan tinjauan produk dan toko yang positif. Membalas chat pelanggan dengan cepat terbukti meningkatkan pembelian hingga 30%. Mengirimkan pesan ‘terima kasih’ dan memberikan voucher untuk pembelian berikutnya juga bisa menjadi langkah penting untuk memastikan kepuasan dan juga meningkatkan potensi pembelian berulang.

3.Pentingnya evaluasi kinerja untuk peningkatan kinerja pada festival belanja online berikutnya! Selesainya satu festival belanja online berarti dimulainya persiapan untuk festival belanja selanjutnya. Penjual didorong untuk segera melakukan analisis kinerja yang lalu dan membangun strategi pemasaran berikutnya. Yang harus dilakukan para brand dan penjual antara lain:

Evaluasi metriks kinerja pada fitur data dan wawasan yang ada di platform. Lazada memiliki fitur Bisnis Analisis yang ada di Seller Center Lazada yang memberikan data kinerja, bahkan sampai pada tingkat produk. Hasil dari penilaian ini bisa digunakan penjual untuk mempertimbangkan strategi promosi dan pemasaran toko selanjutnya.

Pantau rating dan review toko dan produkmu. Rating dan review produk menjadi salah satu faktor utama penentu keputusan pembelian ataupun pembelian berulang pelanggan. Karena itu, penting untuk mengevaluasi perkembangan rating dan review toko dan produkmu dan menjadikannya sebagai bagian penting dalam menentukan strategi bisnismu.

Terus libatkan pelanggan dengan kampanye dan penawaran khusus bagi pelanggan loyal tokomu. Membuat kampanye khusus toko bisa menjadi cara untuk terus melibatkan pelanggan loyalmu, membuat tokomu selalu diingat ketika mereka membutuhkan produk yang kamu jual.

“Platform eCommerce, khususnya Lazada memang menawarkan berbagai peluang saat festival belanja online, namun brand dan penjual perlu mengusai strategi pemasaran yang tepat sasaran untuk meraih kesuksesan. Bagi kami, membangun bisnis online merupakan sebuah pekerjaan yang membutuhkan banyak perhatian dan dukungan, terutama bagi para penjual baru di eCommerce. Agar brand dan penjual bisa memaksimalkan peluang yang ditawarkan saat festival belanja online, kami terus berinovasi melakukan peningkatan berkelanjutan dalam  setiap program dan fitur di Lazada,” tutup Nicola.

Tentang Lazada

Lazada Group adalah pionir platform e-commerce di Asia Tenggara. Selama 12 tahun terakhir, Lazada mempercepat kemajuan di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam melalui perdagangan dan teknologi. Saat ini, ekosistem Lazada yang terus berkembang menghubungkan 160 juta pelanggan kami dengan lebih dari satu juta penjual aktif setiap bulannya, yang bertransaksi dengan aman dan nyaman melalui saluran pembayaran terpercaya, menerima paket melalui jaringan logistik lokal yang telah menjadi yang terbesar di kawasan ini.

Di Indonesia, Lazada dikenal sebagai pionir Harbolnas, festival belanja terbesar di tanah air. Masyarakat Indonesia dapat menikmati pengalaman berbelanja yang aman dan nyaman dengan pengiriman cepat dan gratis ongkir, yang didukung oleh layanan logistik Lazada yang menyeluruh. Sebagai bagian dari upaya membangun bisnis e-commerce yang berkelanjutan di Indonesia, Lazada berkomitmen untuk memberdayakan talenta Indonesia agar siap menghadapi masa depan.

Baca Juga: Lazada Resmikan Penggunaan Panel Surya di Gudang Utama Lazada

Selanjutnya: Mengenal Mekaarpreneur, Program Pemberdayaan Intensif Besutan PNM

Menarik Dibaca: PLN Electric Run 2024, Misi Pangkas Emisi Karbon 14.363 Kg

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
TAG: