KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Festival Penghargaan Citra Pariwara ke-37 sukses digelar di Jakarta pada 12-13 Desember 2024, menjadi momen puncak apresiasi bagi insan kreatif di industri periklanan Indonesia. Dengan tema “Guts Must Be Crazy”, acara ini menampilkan lomba dan penghargaan yang diikuti berbagai agensi dan perusahaan ternama, serta berhasil menarik 2.400 audiens dalam malam penghargaan.
Baca Juga: Citra Pariwara 2024: Merayakan Keberanian dan Kreativitas di Industri Periklanan Penghargaan Utama Digital Agency of The Year: Dentsu Digital Creative Agency of The Year: FCN Creative Media Agency of The Year: FCN Media Craft House of The Year: Nusa Brantai Desain, Syndicate, Meraki Film Indonesia, Onebox Films, Flex Film Asia, Nayforsindo Production, dan BAM Pictures Advertiser of The Year: Netflix, Jasa Marga Tbk, PT Unilever Indonesia, Lions Wings, dan Bank Central Asia
Baca Juga: Tutup Tahun 2023, Dentsu Creative Indonesia Sabet Penghargaan di Citra Pariwara Penghargaan Khusus (
Special Awards) Gold: “Vaseline - If My Skin Can Yours Can” karya VML Creative Silver: “Lovepink - Boob Cane Cancer Check” karya FCN Creative Bronze: “Vaseline - Sunitizer” karya VML Creative
Baca Juga: Creative Gorilla Capital Meluncurkan Dana Rp 300 Miliar untuk Consumer-focus start up Reza Fitriano, Ketua Citra Pariwara 2024 mengungkapkan, kebanggaannya atas dominasi agensi lokal di festival ini, menandai pertumbuhan potensi kreatif Indonesia yang semakin kompetitif baik secara nasional maupun internasional. “Dengan jumlah partisipasi yang meningkat, kita membuktikan kemampuan untuk menghadirkan ide inovatif yang relevan secara lokal dan global,” ujar Reza dalam keterangan resminya yang diterima Rabu (18/12). Salah satu perubahan signifikan tahun ini adalah pelibatan klien sebagai juri di Panel Media Category. Dipimpin oleh Amalia Sarah Santi, EVP & CMO Paragon Corp Indonesia, kategori ini mencatat kenaikan jumlah entri hingga 30% dibandingkan tahun sebelumnya, menegaskan pentingnya kolaborasi erat antara agensi dan klien dalam menghasilkan karya berkualitas.
Baca Juga: Mengintip bakat-bakat unik di balik industri periklanan Indonesia Selain penghargaan, Citra Pariwara 37 juga menghadirkan MasterClass dan Seminar yang diikuti oleh total 810 peserta. MasterClass yang berlangsung di Artotel Mangkuluhur (2-3 Desember) menghadirkan 178 peserta, sementara seminar di SPARK (12-13 Desember) menarik 632 peserta.
“Ini menunjukkan semangat belajar dan kolaborasi yang kuat di komunitas kreatif kita,” kata Reza, menegaskan pentingnya edukasi untuk mencetak standar baru dalam industri kreatif di masa depan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Yudho Winarto