Film Harry Potter terbaru raup US$ 24 juta di hari pertama penayangannya



LOS ANGELES. Sequel Harry Potter terbaru, Harry Potter and The Deathly Hallows Part 1, berhasil meraup US$ 24 juta pada hari pertama penayangan perdananya di bioskop-bioskop Amerika Serika Serikat dan Kanada. Raupan tersebut ternyata hanya berhasil menempatkan mereka di posisi ketiga film pencetak uang terbanyak di hari pertama.

Berada di posisi pertama adalah sequel kisah percintaan vampir dan manusia, The Twillight Saga : Eclipse yang berhasil meraup US$ 30 juta di hari pertamanya. Kemudian di posisi kedua, lagi-lagi salah satu sequel Twilight, The Twilight Saga : New Moon, dengan raihan US$ 26,3 juta.

Meski begitu, sequel terbaru Harry Potter ini sudah berhasil mengungguli pencapaian sequel sebelumnya, Harry Potter and the Half-Blood Prince yang berhasil meraup US$ 22,2 juta di penayangan perdananya.


Menurut Paul Dergarabedian dari Hollywood.com Box-Office, umumnya hasil raihan tayangan perdana bisa menggambarkan seberapa sukses film tersebut di pekan-pekan berikutnya. Dan bukan tak mungkin terjadi, satu film berhasil meraup pendapatan lebih dari US$ 100 juta selama tayangannya di bioskop AS dan Kanada.

Warner Bros, produsen Harry Potter sebelumnya sudah melontarkan optimismenya kalau sequel terbaru Harry Potter ini, bisa melampaui pendapatan US$ 100 juta. Sepanjang sejarah, sequel tersukses Harry Potter adalah Harry Potter and The Goblet of Fire yang dirilis tahun 2005 dengan pendapatan tak kurang dari US$ 102,7 juta selama penayangannya.

Sekedar info, Warner Bros merilis sequel terakhir Harry Potter ini, Harry Potter and The Deathly Hallows ke dalam dua seri.

Editor: Uji Agung Santosa