Fitch sematkan rating "AA-" obligasi AMRT



JAKARTA. Lembaga pemeringkat utang, Fitch Ratings memberikan peringkat (rating) "AA-" untuk obligasi senilai Rp 1 triliun yang akan diterbitkan oleh PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT).

Obligasi tersebut memiliki tenor selama tiga tahun dan akan digunakan AMRT untuk membiayai kembali (refinancing) beberapa tanggungan utangnya. Surat utang Rp 1 triliun itu merupakan bagian dari penerbitan obligasi senilai total Rp 2 triliun.

Nah, Secara bersamaan, Fitch juga menyematkan rating "AA-" untuk seluruh rencana penerbitan obligasi senilai Rp 2 triliun tersebut. Dalam keterangan resmi, Senin (19/5), Fitch menjelaskan, rating tersebut mencerminkan ekspektasi atas rendahnya risiko gagal bayar (default) obligasi AMRT secara relatif dibandingkan dengan obligasi lain di Indonesia.


Pemberian rating ini juga didorong oleh beberapa faktor seperti posisi AMRT di pasar mini-market Indonesia. AMRT, hingga akhir 2013, menjadi pemimpin pasar dengan memiliki 8.557 toko "Alfamart" di seluruh Indonesia.

Dengan toko sebanyak itu, AMRT menguasai pangsa pasar sebesar 50% dari total industri mini-market di Indonesia. Faktor lain yang menjadi dasar Fitch adalah konsistensi AMRT dalam melakukan ekspansi.

Tahun lalu, AMRT mencatat rekor ekspansi dengan menambah 1.500 unit toko baru. Tak hanya itu, nilai lebih AMRT juga terlihat dari cakupan toko ritel yang dimilikinya.

Sekitar 40% toko "Alfamart" memang berlokasi di Jakarta dan sekitarnya. Namun, AMRT juga terus melakukan penambahan toko di beberapa wilayah di luar Jawa seperti Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri