Fitur Akun Keluarga Grab: Otomatis Pantau Perjalanan & Lakukan Pembayaran Satu Pintu



KONTAN.CO.ID -  Pertama kali ada di industri ride hailing, Grab Indonesia memperkenalkan fitur Akun Keluarga yang memungkinkan pengguna untuk memantau perjalanan Anggota Keluarga secara real time, chat dengan Mitra Pengemudi, hingga membayarkan biaya perjalanan. Satu Akun Keluarga dapat menampung hingga 10 akun yang terdiri dari satu Akun Admin dan sembilan Akun Anggota.

Tyas Widyastuti, Director untuk Mobility dan Logistics, Grab Indonesia, mengemukakan bahwa fitur ini lahir berdasarkan masukan dari berbagai pihak yang menginginkan kemudahan untuk memonitor perjalanan anggota keluarga secara otomatis. “Banyak pihak, khususnya Ibu atau anak yang memiliki orang tua sangat senior, yang berharap agar mereka dapat memantau lokasi anak ataupun orang tua saat melakukan perjalanan dengan Grab.

Pasalnya, meskipun telah ada fitur Share My Ride (Bagikan Perjalanan), terkadang banyak yang lupa mengirimkan lokasi atau justru tidak memanfaatkan fitur ini karena tidak familiar dengan penggunaan aplikasi di ponsel. Fitur Akun Keluarga ini diharapkan dapat menjadi solusi nyata agar setiap perjalanan menjadi semakin mudah, aman, dan nyaman bagi keluarga di Indonesia.”


Adapun empat keunggulan dari penggunaan Akun Keluarga ini, di antaranya:

1.Otomatis mendapatkan notifikasi dan informasi lokasi perjalanan

Akun Admin dapat memantau lokasi Anggota Keluarga di peta dan menerima notifikasi saat Anggota Keluarga naik dan turun dari kendaraan.

2.Chat dengan Mitra Pengemudi

Fitur chat tiga arah memungkinkan Akun Admin untuk berkomunikasi langsung dengan Mitra Pengemudi, termasuk untuk memberikan instruksi khusus, informasi tambahan akan lokasi penjemputan atau penurunan, serta menjaga keselamatan Anggota Keluarga selama perjalanan.

3.Pembayaran terpusat

Pembayaran untuk perjalanan yang dilakukan dapat menggunakan metode pembayaran yang dimiliki oleh Akun Admin, sehingga Anggota Keluarga tidak perlu khawatir jika tidak memiliki uang tunai atau dompet digital yang cukup untuk membayar perjalanan.

4.Pesankan perjalanan untuk Anggota Keluarga

Akun Admin juga dapat memesankan perjalanan untuk Anggota Keluarga. Anggota Keluarga akan mendapatkan notifikasi pada aplikasi Grab mereka setelah perjalanan dipesan. Fitur chat tiga arah juga tetap dapat digunakan oleh Anggota Keluarga sehingga mereka tetap dapat berkomunikasi langsung dengan Mitra Pengemudi.

Untuk dapat merasakan keunggulan dari Fitur Akun Keluarga, pengguna Grab dapat mengundang orang-orang terdekat dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke menu ‘Akun’
  2. Pilih ‘Buat Akun Keluarga’
  3. Berikan persetujuan untuk ketentuan yang ada
  4. Masukkan nomor telepon anggota yang ingin ditambahkan
  5. Pilih metode pembayaran
  6. Kemudian ‘Simpan’
  7. Pengguna otomatis menjadi Admin
Tentang Grab

Grab merupakan aplikasi yang beroperasi di seluruh sektor layanan pengantaran, mobilitas, dan keuangan digital. Grab membantu jutaan orang setiap harinya untuk memesan makanan atau barang kebutuhan harian, mengirim paket, memesan tumpangan atau taksi, melakukan pembayaran untuk pembelian online atau mengakses layanan seperti pinjaman dan asuransi, semuanya melalui satu aplikasi. Memiliki misi untuk pemberdayaan ekonomi bagi semua orang, Grab berkomitmen untuk menjalani misi triple bottom line: untuk secara bersamaan memberikan kinerja keuangan yang berkelanjutan, serta menciptakan dampak sosial dan lingkungan yang positif.

Baca Juga: Grab Dorong Terciptanya 2,3 Juta Kesempatan Kerja & Salurkan Pinjaman Modal buat UMKM

Selanjutnya: Harga Bawang Merah dan Kedelai Melonjak di Lampung, Jumat (22/11)

Menarik Dibaca: Sebelum Tidur, Coba Konsumsi Minuman Penurun Berat Badan yang Efektif Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti