FKS Group (AISA) Targetkan Ekspor ke Negara Potensial di Kawasan Indocina



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT FKS Food Sejahtera Tbk (AISA) menargetkan perluasan pasar ekspornya ke berbagai negara potensial di kawasan Indocina seperti Singapura hingga Thailand. Upaya itu direalisasikannya melalui Pameran dagang tahunan Trade Expo Indonesia (TEI) 2024.

TEI yang ke-39 resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (9/10) di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City. Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah menteri, pimpinan DPD, duta besar negara sahabat, serta pelaku bisnis.

Pada TEI kali ini mengusung tema "Build Strong Connection with The Best of Indonesia," bertujuan untuk mempromosikan produk dan layanan berkualitas tinggi dari seluruh Indonesia.


Dalam pidatonya, Presiden Jokowi menekankan pentingnya Indonesia melindungi pasar domestik dan memperluas akses produk ke pasar luar negeri.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan juga mengungkapkan pencapaian signifikan TEI, dari transaksi awal senilai US$ 1,42 miliar pada tahun 2014, kini mencapai US$ 30,5 miliar di tahun 2023.

Baca Juga: Lewat FKS Logistik, FKS Grup Dorong Efisiensi Rantai Pasok Curah Kering

Salah satu peserta yang mengikuti TEI adalah FKS Group, yang memperkenalkan berbagai produk unggulan seperti makanan ringan Taro, Bihunku, Mie Kremezz, dan permen Gulas.

PT Padi Flour Nusantara juga memperkenalkan produk tepung ketan Bola Deli, sementara PT FKS Multi Agro menampilkan produk tempe dan olahannya.

Maria Florencia, perwakilan FKS Group, mencatat peningkatan jumlah pengunjung yang signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. Ia menyatakan, "Tahun ini jauh lebih ramai. Pembukaan oleh Presiden sangat membantu menarik perhatian banyak orang".

FKS Group memiliki target untuk memperluas pasar ekspornya di kawasan Indocina, termasuk negara-negara ASEAN seperti Singapura, Malaysia, Filipina, Vietnam, dan Thailand.

Maria menekankan pentingnya kolaborasi dengan mitra lokal yang memiliki pengalaman dan komitmen untuk membangun merek bersama.

“Tidak cuma potensial, tapi yang memang di sananya sudah berpengalaman dan mau bekerjasama  untuk membangun brand (merek). Tidak harus buyer yang sangat besar seperti distributor yang  cakupannya seluruh negara, tapi yang memang betul betul mau membangun brand-nya bersama kita,” ujar Maria Florencia.

 
AISA Chart by TradingView

TEI 2024 juga memberikan penghargaan Primaniyarta kepada eksportir terbaik dan kepala daerah yang meningkatkan nilai ekspor, serta penghargaan Primaduta kepada buyer yang setia menjadi mitra ekspor Indonesia. FKS Group berharap dapat memanfaatkan momentum ini untuk menjalin lebih banyak kerjasama dan meningkatkan daya saing produk Indonesia di pasar global.

Selanjutnya: Dua TNI Penjaga Perdamaian Terkena Serangan Tank Israel, Indonesia Beri Peringatan!

Menarik Dibaca: Merasa Dicurangi, Shin Tae Yong Kritik Keputusan Wasit dan AFC

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari