Fokus Garap Segmen Pembeli Mobil Pertama, Begini Strategi Astra Daihatsu Motor (ADM)



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) berusaha untuk untuk memperkuat positioning sebagai sebagai merek yang paling diminati oleh calon konsumen pembeli mobil pertama.

Domestik Marketing Division Head Astra Daihatsu Motor, Rokky Irvayandi mengatakan, lebih dari 70% konsumen Daihatsu merupakan pembeli mobil pertama. Dari situ, Daihatsu memandang bahwa ruang bagi merek ini untuk terus tumbuh sangat terbuka.

Hal ini didukung oleh data bahwa rasio kepemilikan mobil di Indonesia masih terbilang rendah, yakni hanya 99 mobil per 1.000 penduduk. Daihatsu juga telah melakukan survei bahwa 86% konsumen biasa memakai sepeda motor sebelum memiliki mobil pertama. Adapun 14% konsumen sisanya biasa menggunakan transportasi umum.


Baca Juga: Daihatsu Berharap Penjualan Mobil Terus Membaik Hingga Akhir Tahun 2024

"Maka itu, kami rutin menggelar kegiatan dan bekerja sama dengan komunitas sepeda motor untuk mendapatkan konsumen baru," ungkap dia dalam acara Astra Media Day, Kamis (19/9).

Rokky pun mengklaim Daihatsu cocok bagi pembeli mobil pertama yang cenderung berorientasi pada produk dengan harga terjangkau, irit bahan bakar, mudah dikendarai, suku cadangnya mudah diperoleh, dan mudah  untuk dirawat.

"Potensi pasar bagi Daihatsu yang bermain di segmen mobil harga di bawah Rp 300 juta masih sangat besar," tambah dia.

Hingga Agustus 2024, penjualan retail (diler ke konsumen) Daihatsu berkurang 12,6% yoy menjadi 117.358 unit. Pangsa pasar Daihatsu juga sedikit terkikis dari 20,2% pada Januari-Agustus 2023 menjadi 20,1% pada Januari-Agustus 2024. Model-model seperti Sigra, Gran Max Pick Up, Terios, Ayla, dan Gran Max Mini Bus mendominasi penjualan retail Daihatsu sepanjang tahun ini.

Selanjutnya: Indonesia's Tax Agency Probes Alleged Personal Data Breach

Menarik Dibaca: Peringatan Dini Cuaca Besok (20/9) Hujan Deras, Waspada Bencana di Provinsi Berikut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Putri Werdiningsih