KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) telah menyiapkan sejumlah strategi untuk mengembangkan bisnisnya ke depan. Emiten e-commerce ini berfokus pada aspek pengembangan market place dan pemberdayaan mitra. Dalam hal ini, BUKA mengembangkan sejumlah fitur baru seperti agen logistik (pengiriman), dimana Mitra BUKA dapat menjadi agen pengiriman barang. Teddy Oetomo, Presiden Bukalapak menuturkan, pengembangan fitur ini disesuaikan dengan karakteristik geografis Indonesia yang berbentuk kepulauan. Hal ini juga turut membantu perusahaan jasa logistik untuk menciptakan kemerataan logistik di Indonesia. Terlebih, BUKA saat ini sudah memiliki mitra lebih dari 8 juta unit. Dalam hal ini, BUKA menjalin kerjasama komersial dengan perusahaan logistik dengan memanfaatkan mitra Bukalapak.
BUKA Chart by TradingView Hal ini mengindikasikan Mitra BUKA punya loyalitas yang tinggi. Loyalitas ini, sambung Teddy, karena para mitra bisa memenuhi kebutuhan usaha mereka secara lengkap dengan menggunakan aplikasi BUKA. Terlebih, program Mitra BUKA menawarkan produk yang cukup lengkap. “Sebelum bergabung, mereka hanya berjualan barang yang itu-itu saja. Tetapi setelah bergabung dengan mitra, banyak pengembangan bisnis yang bisa dilakukan, ada bisnis tiket bus, kereta api, voucher game, hingga agen logistik,” sambung dia. Pendapatan mitra BUKA pun bisa naik hingga tiga kali lipat. Hal ini jugalah yang membuat mitra menjadi cukup loyal. Capaian ini tak lantas membuat BUKA berpuas diri. Teddy mengatakan, saat ini ekosistem BUKA memang belum sempurna. Hal ini membuat BUKA terus berinovasi. Namun yang jelas, ekosistem di tahun ini sudah lebih lengkap dibandingkan tahun sebelumnya. Editor: Herlina Kartika Dewi