Foxconn Akan Gandakan Investasi dan Lapangan Kerja di India



KONTAN.CO.ID - TAIPEI. Mitra Apple Inc, Foxconn Technology Group, berencana melipatgandakan investasi dan lapangan kerja di India. Hal itu dipicu pergeseran manufaktur yang makin cepat dari China seiring meningkatnya ketegangan antara Amerika Serikat (AS) dengan China.

Melansir Bloomberg, Senin (18/9), perwakilan Foxconn di India, V Lee, mengatakan dalam posting-an di LinkedIn pada Minggu (17/9), bahwa perusahaan Taiwan tersebut berencana untuk menggandakan bisnisnya di negara Asia Selatan. Meskipun demikian, dia tidak membeberkan rinciannya.

"Kami akan bekerja lebih keras lagi untuk memberikan hadiah ulang tahun yang lebih besar tahun depan, dengan target penggandaan pekerjaan, FDI, dan ukuran bisnis di India," kata Lee.


Rencana investasi perusahaan Taiwan itu akan melalui unit andalannya Hon Hai Precision Industry Co, termasuk lahan seluas 300 hektare yang dekat dengan bandara di Bengaluru. Pabrik tersebut kemungkinan akan merakit iPhone dan diperkirakan akan menciptakan sekitar 100 ribu lapangan kerja.

Baca Juga: Reliance Industries Akan Memproduksi Semikonduktor di India

Ekspansi Foxconn di India menggarisbawahi bagaimana China berisiko kehilangan statusnya sebagai produsen elektronik konsumen.

Apple dan merek-merek AS lainnya bersandar pada pemasok mereka yang berbasis di China untuk mengeksplorasi lokasi alternatif, seperti India dan Vietnam.

Ketua Hon Hai, Young Liu, pada bulan lalu menegaskan kembali niat Foxconn untuk meningkatkan investasi di India. Adapun Foxconn telah mengoperasikan sembilan lokasi produksi dan lebih dari 30 pabrik yang mempekerjakan puluhan ribu orang.

Perusahaan itu juga sedang dalam tahap awal untuk berekspansi lebih jauh di India. Adapun perusahaan itu menghasilkan sekitar US$10 miliar pendapatan per tahun.

Editor: Khomarul Hidayat