Gabungan Pelindo bikin anak perusahaan peti kemas



JAKARTA. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I sampai Pelindo IV akan bersama-sama membentuk anak perusahaan baru yang bergerak di bisnis penanganan peti kemas.

Rencana tersebut, disampaikan oleh Dahlan Iskan, Menteri BUMN di Jakarta, Selasa (24/7). Menurut Dahlan, rencana pendirian anak perusahaan peti kemas itu sudah disepakati di kementerian maupun dengan jajaran direksi Pelindo.

Mengenai nilai investasi dari pendirian perusahaan baru tersebut, Pelindo saat ini sedang menghitungnya. "Seminggu lagi saya baru ketahui. Karena saat ini sedang dihitung," kata Dahlan. Melihat perkembangan arus peti kemas di setiap pelabuhan penting di Indonesia, Dahlan yakin, anak perusahaan yang menangani bisnis peti kemas itu bisa berjalan sukses. "Saya yakin proyek tersebut bisa berjalan mulus," ungkapnya. Jika anak usaha Pelindo berdiri, maka semua pelabuhan peti kemas yang di Medan, Batam, Jakarta, Surabaya, Makassar dan Sorong akan ada dibawah satu payung perusahaan yang sama.


"Pemegang sahamnya pun gabungan Pelindo, mulai dari Pelindo I,II,III dan IV. Sehingga mereka bersama-sama mendirikan perusahaan peti kemas," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri