Gaet penghargaan sebagai Kota Sastra Dunia, Anies Baswedan bangun taman literasi



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setelah dinobatkan sebagai Kota Sastra Dunia (City of Literature) versi UNESCO pada 2021, Pemprov DKI Jakarta  berkomitmen dalam pengembangan literasi di ibu kota. Terbaru, Jakarta akan mempunyai taman literasi yang bertempat di Taman Martha Christina Tiahahu, Jakarta Selatan. 

Berkolaborasi dengan Tim Jakarta Kota Buku dan PT Integrasi Transit Jakarta (ITJ), Taman Literasi dalam rangka menyediakan ruang baca bagi masyarakat Jakarta.

“Menurut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Taman Literasi Martha Christina Tiahahu ini akan menjadi titik penting pertemuan para pegiat literasi, pekerja perbukuan, pekerja kreatif, dan tidak ketinggalan para budayawan dan seniman.

"Di sini akan berkumpul energi kreatif untuk memajukan dan meningkatkan kualitas warga Jakarta. Ini akan menjadi ruang ketiga yang sangat menarik. Beragam kegiatan terkait literasi dan perbukuan akan hadir di sini," kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dalam rilis, Kamis (11/11).. 

Taman lterasi ini merupakan bentuk keberpihakan Pemprov DKI kepada industri perbukuan. Sekaligus sebagai upaya untuk meningkatkan literasi warga Jakarta.

"Kami sadar bahwa industri buku ini membawa sisi idealisme yang sangat tinggi dan sisi industri agar mereka bisa terus menerbitkan buku-buku terbaik untuk meningkatkan pengetahuan. Kadang, hampir tidak ketemu antara idealisme dan industrinya. Makanya, dengan pembangunan Taman Literasi ini semoga bisa menjadi faktor penting pendorong industri perbukuan," terang Anies.   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ahmad Febrian