Gagal Bikin Akun Baru Instagram? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya



MOMSMONEY.ID - Pernahkah Anda gagal bikin akun baru Instagram? Anda akan mendapatkan notifikasi seperti "terus mencoba" atau "daftar diblokir". Jika iya, ada penyebab dan cara mengatasinya. 

Ada beberapa penyebab dan cara mengatasi gagal bikin akun baru Instagram. Salah satu penyebabnya karena koneksi internet yang buruk. 

Akan tetapi selain penyebab tersebut, ada beberapa penyebab lainnya. Tak perlu khawatir, terdapat cara mengatasi gagal bikin akun baru Instagram. 


Baca Juga: Cara Mengatasi HP Lemot pada Android dengan 6 Langkah

Mengutip Make Use Of, berikut ini terdapat penyebab dan cara mengatasi gagal bikin akun baru Instagram. 

1. Koneksi Internet Buruk

Koneksi internet yang rusak atau lambat akan menghentikan Anda membuat akun Instagram baru, karena Anda tidak memiliki kemungkinan untuk terhubung ke server Instagram. Anda dapat menguji kecepatan internet Anda secara online.

Jika kecepatan internet Anda terlalu lambat, restart router Anda atau ganti ke jaringan lain.

2. Aplikasi Instagram Mengalami Gangguan

Terkadang, aplikasi Instagram mengalami kesalahan atau bug, itulah sebabnya Anda menghadapi ketidakmampuan untuk mendaftar di Instagram. Dalam hal ini, coba tutup dan buka kembali aplikasi.

Atau, coba keluar dari akun Instagram Anda dan masuk kembali.

3. Mencapai Jumlah Maksimum Akun

Instagram memungkinkan Anda membuat hingga lima akun menggunakan alamat email yang sama. Jika Anda mencoba membuat akun nomor enam, Anda harus menghapus salah satu akun Instagram Anda.

Meskipun masuk akal untuk memiliki banyak akun Instagram, kemungkinan besar Anda tidak membutuhkan banyak akun.

4. Instagram Telah Memblokir Alamat IP

Seperti platform media sosial lainnya, Instagram memiliki syarat dan ketentuan yang harus dihormati oleh setiap pengguna. Jika Instagram telah mengidentifikasi aktivitas Anda sebagai mencurigakan, Anda mungkin masuk dalam daftar larangan Instagram.

Seperti yang Anda ketahui, setiap perangkat yang terhubung ke internet mendapatkan IP (IP Address) yang unik. 

Baca Juga: Cara Hapus Tautan Threads dari Akun Instagram biar Tidak Terpasang di Profil

Jika Instagram telah menandai IP Anda untuk spam atau aktivitas serupa lainnya, Anda tidak akan dapat membuat akun baru atau bahkan masuk ke akun Anda yang sudah ada. Dalam hal ini, sambungkan perangkat Anda ke jaringan lain dan lihat apakah Anda dapat membuat akun Instagram baru.

5. Instagram Blokir Alamat Email

Mirip dengan memblokir alamat IP perangkat Anda, Instagram dapat memblokir alamat email Anda jika Anda melanggar syarat dan ketentuan platform. Jika ini terjadi, Anda tidak akan bisa mendaftar di Instagram menggunakan email yang sama.

Selain itu, meskipun Instagram tidak memiliki daftar resmi, penyedia layanan email tertentu mungkin diblokir atau dibatasi karena aktivitas penyalahgunaan atau spam sebelumnya.

Saat menyiapkan akun baru, coba gunakan penyedia layanan email terkemuka dan dikenal luas, seperti Gmail, Yahoo, atau Outlook.

6. Server Instagram Down

Jika Anda tidak dapat membuat akun Instagram, Anda harus melihat status server Instagram. 

Server memproses permintaan untuk membuka akun baru. Jadi, jika server sedang down karena malfungsi atau pekerjaan pemeliharaan, Anda tidak akan bisa membuat akun Instagram.

Anda dapat menuju ke Downdetector dan memeriksa apakah pengguna lain juga telah melaporkan masalah server. Jika server sedang down, yang bisa Anda lakukan hanyalah menunggu.

Baca Juga: Ingin Berhenti Melihat Status di WhatsApp? Begini Cara Blokir Fitur Status WhatsApp

7. Aplikasi Instagram Kadaluwarsa

Jika Anda menggunakan aplikasi Instagram yang kedaluwarsa atau rusak, Anda mungkin mengalami masalah saat mencoba membuat akun Instagram baru.

Jika Anda menggunakan Instagram seluler, buka Google Play Store atau Apple App Store dan perbarui aplikasi Instagram. Atau, Anda dapat membuka Instagram.com di browser Anda untuk menyiapkan akun baru.

Nah itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi gagal bikin akun baru Instagram. Selamat mencoba! 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nur Afitria