Gaikindo prediksi hasil transaksi GIIAS 2018 sama dengan tahun lalu



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gelaran pameran otomotif, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 resmi tuntas. Hanya saja hasil surat pemesanan kendaraan (SPK) cenderung stagnan dibanding dengan tahun lalu.

Rizwan Alamsjah, Ketua Penyelenggara GIIAS 2018 menjelaskan, data riil dari APM memang masih dikumpulkan dari tiap APM. "Kurang lebih sama dengan tahun lalu. Sedang di compile sekarang," kata Rizwan kepada Kontan.co.id, Senin (13/8).

Menelisik hasil tahun lalu, nilai transaksi tahun lalu mencapai Rp 7,2 triliun atau mencapai penjualan sekitar 23.000 unit mobil.


Terkait dengan pemesanan kendaraan Daihatsu selama GIIAS 2018, turun 8% dibandingkan dengan GIIAS tahun lalu. Daihatsu meraih penjualan sebanyak 716 unit, dengan empat kontributor utama yang didominasi oleh Terios sebesar 36%, disusul Sigra sebanyak 18%, Xenia 13%, dan Ayla 13%. 

Selain dari empat kontributor utama, penjualan Daihatsu juga didukung oleh Gran Max Mini Bus (MB), Sirion, Gran Max Pick Up (PU), Luxio, dan Hi-Max dengan total 20%.

“Kami bersyukur untuk apresiasi pengunjung yang positif terhadap booth Daihatsu di GIIAS 2018, walaupun capaian pemesanan kendaraan sedikit menurun apabila dibandingkan dengan GIIAS tahun lalu,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dalam keterangan pers, Senin (13/8).

Sementara itu, Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), membukukan angka pemesanan kendaraan (SPK) sebanyak 4.509 unit dalam GIIAS 2018. Capaian ini melampaui target penjualan yang ditetapkan di awal pameran, yaitu 3.500 unit.

Secara rinci, pesanan kendaraan di booth Mitsubishi Motors GIIAS 2018 didominasi oleh Xpander sebanyak 2.689 unit (60%), Pajero Sport 1.584 (35%). Kontribusi 5% pemesanan berasal dari model Outlander Sport, Mirage dan Triton. Pencapaian ini terhitung hanya berasal dari SPK di ajang GIIAS 2018.

Kyoya Kondo, President Director PT MMKSI menjelaskan pencapaian yang sangat baik di GIIAS, terutama untuk model andalan Xpander dan Pajero Sport. Sedangkan model SUV Pajero Sport juga mendapatkan respon yang baik dengan capaian dua kali lipat dari target.

"Setelah satu tahun diperkenalkan di Indonesia, Xpander terbukti tetap memiliki tempat spesial di hati para konsumen kami, dan melebihi target penjualan yang ditetapkan untuk GIIAS," kata Kondo, Senin (13/8). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .