Gandeng e-commerce, fintech hingga toko ritel, akseptasi TapCash semakin luas



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) terus bersemangat dalam menciptakan produk dan layanan berkualitas untuk nasabahnya yang tersebar dari Sabang hingga Merauke, terlebih di tengah pandemi Covid-19. Kondisi saat ini mendorong masyarakat untuk semakin menjaga kebersihan diri, salah satunya adalah dengan menerapkan transaksi non tunai (cashless).

Direktur Bisnis Konsumer BNI Corina Leyla Karnalies di Jakarta, awal pekan ini mengatakan, BNI hadir dengan Kartu BNI TapCash yang dapat digunakan untuk bertransaksi non-tunai oleh siapapun, termasuk non nasabah BNI. 

Corina menjelaskan, data Bank Indonesia menyebut transaksi e-commerce pada Agustus 2020 naik hingga mencapai 140 juta dibandingkan tahun lalu yang mencapai 80 juta transaksi maupun Agustus 2018 yaitu 40 juta transaksi. Hal ini menunjukkan bahwa kepercayaan masyarakat Indonesia untuk melakukan transaksi di e-commerce semakin meningkat. 


“Melihat hal tersebut, BNI berkomitmen untuk menjalin kerjasama dengan berbagai e-commerce serta financial technology untuk semakin memberikan kemudahan bagi nasabah. Salah satu bentuk kerjasama tersebut adalah perluasan channel top-up TapCash,” ujar Corina dalam Siaran Pers yang diterima Kontan.co.id, Minggu (27/12).

Baca Juga: Ada pendemi, transaksi uang elektronik kartu sepanjang 2020 turun

Di mulai pada Desember 2019, BNI telah bekerjasama dengen LinkAja untuk akseptasi top-up TapCash. Untuk mempermudah pengguna TapCash dalam melakukan top up, BNI kembali berkolaborasi dalam perluasan akseptasi top up di empat e-commerce besar lainnya yaitu Bukalapak, Blibli, Shopee dan Tokopedia serta financial technology seperti GoPay hingga mitra perbankan lain yaitu Jenius.

Selain perluasan akseptasi pada channel digital, BNI juga tetap memperluas akseptasi top up TapCash di toko ritel seperti Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Family Mart, Circle K untuk memberikan beragam pilihan channel serta memberikan kemudahan bagi pengguna TapCash. 

"Bila dilihat dari Desember 2019 hingga November 2020, perluasan kolaborasi bersama e-commerce dan fintech ini berhasil meningkatkan jumlah transaksi top-up TapCash dan membukukan peningkatan volume transaksi sebesar 278% dan peningkatan transaksi sebesar 197% secara year to date (ytd),” ujar Corina.

Selanjutnya: Pandemi ubah prilaku masyarakat berbelanja, digitalisasi pasar jadi keharusan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi