JAKARTA. Bank Rakyat Indonesia (BRI) terus menggenjot transaksi pembayaran non-tunai. Yang terbaru, bank pelat merah ini resmi menjadi penyedia layanan transaksi non-tunai di gerai restoran cepat saji McDonald's Indonesia, Selasa (17/9). Kepala Divisi Kartu Kredit Bank BRI, Mohamad Helmi, mengatakan kerjasama dengan McDonald's merupakan strategi meningkatkan pertumbuhan transaksi non tunai di BRI. Maklum, selama ini, transaksi tunai mendominasi gerai McDonald's. Helmi berharap, transaksi pembayaran di gerai McDonald's bisa beralih ke transaksi non tunai. Selama ini, transaksi menggunakan kartu di McDonald's hanya 10% dari total transaksi. "Pada tahun pertama, kami menargetkan 40% dari total transaksi di McDonald's menggunakan kartu BRI," kata Helmi.
Dengan kerjasama ini, seluruh kartu BRI, baik kartu kredit, kartu debit, maupun kartu electronic money (e-money) Brizzi, dapat digunakan untuk bertransaksi di gerai McDonald's di seluruh Indonesia. Dengan kerjasama ini, BRI akan memasang 800 unit electronic data capture (EDC) di 146 gerai McDonald's. Sekretaris Perusahaan BRI, Muhammad Ali, optimistis BRI bisa mendukung program pembayaran non-tunai di McDonald's. Jumlah nasabah BRI saat ini mencapai 44 juta orang. Sementara, transaksi non-tunai di BRI tembus lebih dari 10 juta transaksi per hari. Ali mengatakan, transaksi non-tunai di BRI terus meningkat. Per Juni 2013, tercatat sebanyak 18 juta orang menggunakan ATM BRI untuk bertransaksi. Jumlah ini meningkat 31,7% dibandingkan periode sama tahun lalu yang berjumlah 13,4 juta orang.