Gandeng Perfect Corp, Wardah Tingkatkan Pengalaman Belanja Daring Konsumen



MOMSMONEY.ID  - Implementasi kecerdasan buatan atau AI di industri kecantikan terus mengalami peningkatan. Salah satunya, AI yang Wardah kembangkan, berkolaborasi dengan Perfect Corp.

Menurut laporan dari InsightAce Analytics, pemanfaatan AI di industri kecantikan global diprediksi akan mencapai nilai US$ 13,34 miliar pada 2030, dengan tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 19,7% dari 2021 ke 2030.

Pemanfaatan AI sudah merupakan sebuah keharusan untuk mengakselerasi inovasi. Hal ini yang juga terus diadopsi oleh para pelaku industri kecantikan di Indonesia.


Baca Juga: Jadi Negara Muslim Terbesar, Indonesia Belum Jadi Raja Produsen Produk Halal

Salah satu yang menjadi pelopor adalah Wardah, yang telah bermitra dengan Perfect Corp untuk mengintegrasikan layanan berbasis teknologi AI dan AR (augmented reality) di website mereka selama beberapa tahun terakhir. 

Kemitraan Wardah dengan Perfect Corp bermula pada saat pandemi Covid-19. Lewat kemitraan ini, Wardah ingin meningkatkan pengalaman belanja daring dari para konsumennya, sebagai cara untuk mengakselerasi pertumbuhan sekaligus untuk menjawab tuntutan konsumen pada masa itu.

Karena ada pembatasan aktivitas sosial dan penerapan protokol kesehatan, konsumen tak lagi leluasa berkunjung dan berbelanja di toko, sehingga ingin dapat mengeksplorasi produk secara daring.

Baca Juga: Krim Pembesar Payudara Bisa Bikin Payudara Besar? Ini Faktanya

Layanan Perfect Corp yang dipilih Wardah adalah fitur Virtual Try-On, yang menjadi solusi percobaan produk makeup secara virtual yang aman dan nyaman bagi konsumen di situs resmi Wardah.

Fitur yang mengintegrasikan teknologi AI dan AR ini langsung mendapat sambutan hangat dari konsumen.

Hal ini tercermin dari 250.000 sesi virtual try-on hingga saat ini, dan terjadi peningkatan lalu lintas situs sebesar 134,41% dibandingkan tahun sebelumnya.

Wardah melihat bahwa fitur Virtual Try-On membawa banyak manfaat bagi brand. Pasalnya, dengan pengalaman dan konsep uang sangat personal ini membuat konsumen membeli lebih banyak produk dibandingkan niat awalnya.

Selain itu, hubungan antara Wardah dan konsumennya juga menjadi lebih dekat, sehingga konsumen yang loyal terus bertambah. 

Baca Juga: Victoria Care Akan Bagikan Dividen Totalnya Rp 46,9 miliar

Terbaru, Wardah menambahkan fitur Foundation Shade Finder yang membantu konsumen menemukan warna produk foundation yang sesuai dengan warna kulit mereka. 

Fitur ini juga langsung menjadi hit. Sejak mengimplementasikan fitur Virtual Try-On dan Foundation Shade Finder, engagement rate dari situs Wardah mengalami peningkatan sebesar 28% dibandingkan sebelum implementasi kedua fitur tersebut. 

"Wardah selalu berupaya untuk memberi pengalaman berbelanja yang menyenangkan bagi para konsumennya," ujar Tessi Fathia, Senior Head of Digital Transformation Wardah, dalam keterangan tertulis, Selasa (4/6).

"Dengan kemitraan bersama Perfect Corp, kami telah berhasil melakukannya dengan menghadirkan teknologi dan pengalaman yang canggih langsung kepada konsumen kami," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Francisca bertha