Garuda Indonesia buka lagi rute Jakarta-Taipei



JAKARTA. PT Garuda Indonesia Airlines Tbk (GIAA) kembali membuka kembali rute penerbangan Jakarta-Taipei mulai kemarin (24/5). Pembukaan rute ini karena adanya kenaikan arus penerbangan rute Jakarta-Taipei yang dilakukan oleh maskapai lain.

EVP Marketing & Sales Garuda Indonesia, Elisa Lumbantoruan menyatakan, penerbangan China Airlines dan EVA Air dari Taipei ke Indonesia sudah mencapai 110 penerbangan per minggu.

Jumlah penerbangan ini tentu menguntungkan jika Garuda Indonesia ikut berperan serta. Apalagi, rute penerbangan Jakarta-Taipei didominasi oleh penumpang yang banyak melakukan kegiatan bisnis.


Untuk rute penerbangan Jakarta-Taipei ini, Eva memproyeksikan mampu mendapat tingkat keterisian penumpang (load factor) sebesar 70%. Garuda Indonesia akan melayani rute ini setiap hari atau tujuh kali dalam sepekan.

Adapun, PT Garuda Indonesia melayani penerbangan ke Taipei setiap harinya dengan jadwal keberangkatan dari Jakarta (GA 852) pukul 23.45 WIB dan tiba di Taipei pada pukul 06.15 LT, kemudian terbang kembali dari Taipei (GA 853) pukul 09.50 LT dan tiba di Jakarta pada pukul 14.10 WIB.

Pesawat yang digunakan untuk rute ini adalah jenis B737-800 NG dengan kapasitas kursi sebanyak 156 penumpang dengan konfigurasi 12 kelas bisnis dan 144 kelas ekonomi.

Untuk rute Internasional, pangsa pasar GIAA sekarang berada pada kisaran 21% dengan target pasar 23% tahun ini. Sebelumnya, PT Garuda Indonesia pernah melayani rute penerbangan Taipei hingga 2004.

Namun, karena kendala internal, Garuda Indonesia memutuskan menghentikan jalur penerbangan tersebut. Sebelum membuka rute ke Taipei di Taiwan, Garuda Indonesia telah membuka rute Denpasar-Haneda pada April lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri