Garuda minta tambahan penerbangan dari El Tari



KUPANG. Garuda Indonesia meminta tambahan penerbangan dari Bandara El Tari, Kupang, untuk mengangkut para penumpang yang tidak terbang dalam sejumlah penerbangannya tiga hari terakhir karena erupsi Gunung Raung di Jawa Timur.

"Kami sudah terima surat dari Manajemen Garuda Indonesia untuk slot time atau penamabahan jadwal penerbangan, untuk hari ini bagi beberapa rute," kata Airport Officer On Duty, Gabriel Lusi Keraf, di Kupang, Minggu (12/7).

Menurut dia, permohonan penambahan jadwal penerbangan atau slot time itu untuk rute penerbangan Kupang ke Tambolaka pergi dan pulang. Selain itu, juga akan ada penambahan penerbangan dengan rute Kupang ke Denpasar.


Garuda Indonesia menyediakan empat penerbangan masing-masing untuk tujuan Tambolaka ke Kupang menggunakan nomor penerbangan GA460. Untuk rute Kupang, Tambolaka dan Denpasar menggunakan penerbangan dengan nomor GA461.

Sedangkan untuk tujuan Denpasar, Tambolaka, Kupang menggunakan penerbangan dengan nomor Ga460D dan Kupang dengan tujuan Tambolaka akan menggunakan nomor penerbangan GA461D.

"Semua permintaan penerbangan ini akan dilakukan hari ini," kata Gabriel.

Menurut dia, otoritas Bandara Angkasa Pura I El Tari Kupang sudah menganjurkan kepada manajemen Garuda Indonssia untuk segera menambah penerbangan berupa slot time untuk bisa mengangkut ratusan penumpang yang masih menumpuk di bandara, sejak Jumat (10/7), sebagai ekses ditutupnya bandara Ngurah Rai Denpasar akibat semburan abu vulkanik Gunung Raung.

Dia memperkirakan untuk tujuan Kupang-Denpasar dalam penerbangan Garuda Indonesia hingga dua hari ini sudah terdapat sekitar 400 penumpang yang belum diangkut.

"Karena itu sebaiknya ada pesawat tambahan untuk mengangkut para penumpang agar tidak lagi terjadi penumpukan," katanya.

Menurut Gabriel, pascadibukanya Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali, untuk penerbangan keluar, maka telah mendarat Garuda Indonesia dari Denpasar dengan nomor penerbangan GA 438.

Dia berharap dengan penambahan penerbangan melalui slot time ini, semua penumpang yang hingga hari ini masih menumpuk bisa segera diangkut menuju daerah tujuan masing-masing.

"Ini mau lebaran, jadi semoga dengan penambahan penerbangan ini semua penumpang bisa segera diangkut ke daerah tujuan masing-masing, agar bisa merayakan lebaran dengan keluarga dengan gembira," kata Gabriel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto