Garudafood (GOOD) Perkuat Kemitraan Dengan Peternak Sapi Perah Lokal



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (GOOD) memperkuat kemitraan dengan peternak sapi perah lokal. Kemitraan GOOD dengan para peternak terbentuk dalam memenuhi kebutuhan bahan baku susu segar. 

Kerja sama ini merupakan upaya GOOD dalam meningkatkan jumlah produksi sapi perah. Sebenarnya, Garudafood sendiri telah melakukan program kemitraan dengan beberapa peternak sapi perah sejak 2015. 

Hingga akhir 2023, jaringan kemitraan Garudafood telah mencapai lebih dari 3.500 peternak sapi perah. Sepanjang tahun lalu, nilai pembelian susu oleh GOOD menyentuh lebih dari 15.500 ton susu segar. 


Baca Juga: Ekspansi, Garudafood (GOOD) Akuisisi Distributor Makanan & Minuman

Adapun hasil perahan susu sapi ini kemudian diolah untuk memenuhi kebutuhan bahan baku susu segar untuk menghasilkan produk-produk Garudafood seperti CLEVO dan Chocolatos Susu Cokelat. 

Direktur Garudafood Johannes Setiadharma berharap ini dapat mendorong peningkatan mata pencaharian, pemberdayaan peternak rakyat dan pengembangan koperasi kelompok ternak. 

"Para peternak sapi perah yang tersebar di sejumlah kabupaten di Jawa Tengah dan Jawa Timur sesuai dengan konsep Creating Shared Value (CSV) yang kami coba terapkan," katanya dalam keterangan resmi, Kamis (29/8).

Baca Juga: Garudafood (GOOD) Akuisisi Distributor Makanan & Minuman Senilai Rp 200 Miliar

Johannes bilang pada pola kemitraan ini, GOOD memainkan peran dalam mendukung peningkatan pasokan susu segar lokal dengan menjamin ketersediaan pasar dan memberikan kepastian harga yang kompetitif. 

Di paruh pertama 2024, GOOD membukukan penjualan bersih sebesar Rp 5,71 triliun. Raihan ini tumbuh 9,26% secara tahunan atau Year on Year (YoY) dari Rp 5,22 triliun per semester I-2023. 

Sejalan dengan itu, laba yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk mencapai Garudafood mencapai Rp 258 miliar per Juni 2024, yang meningkat 20,11% YoY dari Rp 214,79 per Juni 2023.

Baca Juga: Garudafood Putra Putri Jaya (GOOD) Bagikan Dividen Rp 331,91 Miliar

Johannes menjelaskan beberapa katalis kinerja GOOD adalah stabilitas harga bahan baku dan bahan kemasan serta pasca akuisisi mayoritas saham PT Suntory Garuda Beverage (SGB) dari Great Wall Capital di awal 2024. 

"Pertumbuhan kinerja juga didukung oleh kontribusi dari susu CLEVO sebagai salah satu mesin pertumbuhan kinerja keuangan di Garudafood," ucapnya. 

Selanjutnya: Naik 45%, Pendapatan Premi Unitlink MSIG Life Capai Rp 685 Miliar di Semester I-2024

Menarik Dibaca: Tips Buat Dinding Rumah Kinclong dari Gravel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli