Temuan The Nielsen Company ini sungguh menarik. Di situs jejaring sosial maupun blog yang ada di dunia maya, link pabrikan raksasa Nike yang berkaitan dengan Piala Dunia 2010 nyatanya lebih banyak ditempelkan ketimbang sponsor resmi Piala Dunia 2010 itu sendiri. Hasil itu mencuat lewat survei yang dibikin oleh Nielsen selama 7 Mei hingga 6 Juni 2010. Dalam kurun waktu sebulan, link Nike yang berkaitan dengan Piala Dunia 2010 ditempelkan dua kali lipat lebih banyak ketimbang sponsor resmi Piala Dunia seperti adidas. Sebanyak sembilan dari 32 tim sepakbola yang berlaga di Piala Dunia 2010 akan menggunakan pakaian maupun sepatu yang dibikin oleh Nike, termasuk AS dan Australia. Sementara itu, Adidas digunakan oleh 12 tim sepak bola. Kampanye Nike yang mengusung 'Write The Future' ini bakal dikenakan oleh Christiano Ronaldo maupun Wayne Rooney. Video Nike yang bisa diunduh dari You Tube sudah diakses sekitar 14 juta klik sejak pertengahan Mei. Sementara itu, video milik Adidas yang mengusung David Beckham hanya diunduh 2 juta klik. Nike bukan satu-satunya merek yang sukses menghadang sponsor Piala Dunia 2010 sebagai partner. Carlsberg, sponsor dari tim Inggris, juga memiliki prestasi serupa. Di situs maupun jejaring sosial berbahasa Inggris, pabrikan bir ini bahkan bisa menyingkirkan Budweiser yang menjadi sponsor resmi bir. Hal ini lantaran iklan Carlsberg yang mulai dilansir sejak awal Mei untuk mempromosikan tim Inggris. "JIka perusahaan Anda merupakan perusahaan global, sangat wajar jika ingin melekatkan perusahaan Anda dengan gelaran dunia seperti Piala Dunia. Namun studi ini menunjukkan bahwa marketing yang cerdas bisa tetap bisa menyedot perhatian publik tanpa harus membuang dana yang begitu besar," kata Pete Blackshaw, Executive VP of Digital Strategy The Nielsen Company. Gaung Nike di event Piala Dunia 2010 ini menguasai 30,2%, Carlsberg 3,9%, pepsi 2,5% dan Panasonic 1,9%. Merek-merek itu tidak berafiliasi secara resmi dengan Piala Dunia 2010, namun mendapat pangsa yang bisa mengalahkan sponsor resmi dalam tautan di blog maupun situs jejaring sosial. Sementara itu, gaung Adidas hanya 14,4%, Coca-Cola 11,8%, Sony 11,7%, Visa 7,3%, McD 2,8%, dan KIA/Hyundai 2,4%.Merek-merek itu berafiliasi secara resmi dengan Piala Dunia 2010, alias menjadi partner FIFA.
Gaung Nike di Piala Dunia 2010 Sodok Adidas
Temuan The Nielsen Company ini sungguh menarik. Di situs jejaring sosial maupun blog yang ada di dunia maya, link pabrikan raksasa Nike yang berkaitan dengan Piala Dunia 2010 nyatanya lebih banyak ditempelkan ketimbang sponsor resmi Piala Dunia 2010 itu sendiri. Hasil itu mencuat lewat survei yang dibikin oleh Nielsen selama 7 Mei hingga 6 Juni 2010. Dalam kurun waktu sebulan, link Nike yang berkaitan dengan Piala Dunia 2010 ditempelkan dua kali lipat lebih banyak ketimbang sponsor resmi Piala Dunia seperti adidas. Sebanyak sembilan dari 32 tim sepakbola yang berlaga di Piala Dunia 2010 akan menggunakan pakaian maupun sepatu yang dibikin oleh Nike, termasuk AS dan Australia. Sementara itu, Adidas digunakan oleh 12 tim sepak bola. Kampanye Nike yang mengusung 'Write The Future' ini bakal dikenakan oleh Christiano Ronaldo maupun Wayne Rooney. Video Nike yang bisa diunduh dari You Tube sudah diakses sekitar 14 juta klik sejak pertengahan Mei. Sementara itu, video milik Adidas yang mengusung David Beckham hanya diunduh 2 juta klik. Nike bukan satu-satunya merek yang sukses menghadang sponsor Piala Dunia 2010 sebagai partner. Carlsberg, sponsor dari tim Inggris, juga memiliki prestasi serupa. Di situs maupun jejaring sosial berbahasa Inggris, pabrikan bir ini bahkan bisa menyingkirkan Budweiser yang menjadi sponsor resmi bir. Hal ini lantaran iklan Carlsberg yang mulai dilansir sejak awal Mei untuk mempromosikan tim Inggris. "JIka perusahaan Anda merupakan perusahaan global, sangat wajar jika ingin melekatkan perusahaan Anda dengan gelaran dunia seperti Piala Dunia. Namun studi ini menunjukkan bahwa marketing yang cerdas bisa tetap bisa menyedot perhatian publik tanpa harus membuang dana yang begitu besar," kata Pete Blackshaw, Executive VP of Digital Strategy The Nielsen Company. Gaung Nike di event Piala Dunia 2010 ini menguasai 30,2%, Carlsberg 3,9%, pepsi 2,5% dan Panasonic 1,9%. Merek-merek itu tidak berafiliasi secara resmi dengan Piala Dunia 2010, namun mendapat pangsa yang bisa mengalahkan sponsor resmi dalam tautan di blog maupun situs jejaring sosial. Sementara itu, gaung Adidas hanya 14,4%, Coca-Cola 11,8%, Sony 11,7%, Visa 7,3%, McD 2,8%, dan KIA/Hyundai 2,4%.Merek-merek itu berafiliasi secara resmi dengan Piala Dunia 2010, alias menjadi partner FIFA.