Gedung Putih: AS dan China semakin dekat dengan kesepakatan dagang, tapi...



KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Optimisme kesepakatan perdagangan terus Amerika Serikat (AS) dan China tebar. Kali ini, Penasihat Gedung Putih Kellyanne Conway yang mengatakan, Washington dan Beijing sudah dekat dengan perjanjian dagang.

"Kami semakin dekat (dengan kesepakatan dagang)," kata Conway dalam sebuah wawancara dengan Fox News, Selasa (26/11), seperti dikutip Reuters. "Kami terus bernegosiasi," ujarnya. 

"Tetapi, transfer teknologi yang dipaksakan, pencurian kekayaan intelektual, ketidakseimbangan perdagangan setengah triliun dolar setahun dengan ekonomi terbesar kedua di dunia, China, ini tidak masuk akal bagi orang-orang," ungkapnya.

Baca Juga: Riset The Fed New York: Warga AS yang membayar perang dagang Trump

Sebelumnya, Presiden AS Donald Trump menyatakan, kesepakatan dagang "berpotensi sangat dekat". Cuma, berbicara dalam acara Fox & Friends, Trump bilang, ia sudah menjelaskan kepada Presiden China Xi Jinping bahwa "ini tidak bisa menjadi kesepakatan yang adil" karena surplus perdagangan China dengan AS.

Senin (25/11), Global Times, tabloid yang dijalankan harian People's Daily milik Partai Komunis Tiongkok, melaporkan, China dan AS sangat dekat dengan kesepakatan perdagangan fase satu. 

Editor: S.S. Kurniawan