Gedung Putih: AS Tidak Berniat Bermusuhan dengan Korea Utara



KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Pada Rabu (1/2/2023), Gedung Putih menolak tuduhan Korea Utara bahwa latihan militer bersama di kawasan itu adalah aksi provokasi. AS mengatakan Amerika Serikat tidak memiliki niat bermusuhan terhadap Pyongyang.

"Kami telah memperjelas bahwa kami tidak memiliki niat bermusuhan terhadap DPRK (Korea Utara) dan mencari diplomasi yang serius dan berkelanjutan untuk mengatasi berbagai masalah yang menjadi perhatian kedua negara dan kawasan," kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih. 

Melansir Reuters, pernyataan Gedung Putih muncul setelah Kementerian Luar Negeri Korea Utara mengatakan bahwa latihan oleh Amerika Serikat dan sekutunya telah mendorong situasi ke "garis merah ekstrem" dan mengancam untuk mengubah semenanjung menjadi "persenjataan perang besar dan zona perang yang lebih kritis".

Pernyataan tersebut, yang dikabarkan oleh kantor berita negara KCNA, mengatakan Pyongyang tidak tertarik untuk berdialog selama Washington menerapkan kebijakan yang bermusuhan.

Pernyataan Gedung Putih menegaskan kembali kesediaan AS untuk bertemu dengan perwakilan DPRK pada waktu dan tempat yang nyaman bagi mereka.

Baca Juga: Korea Utara: Kami Siap Melawan Semua Tantangan AS dengan Senjata Nuklir

“Kami menolak anggapan bahwa latihan bersama kami dengan mitra di kawasan bertujuan sebagai aksi provokasi apa pun. Ini adalah latihan rutin yang sepenuhnya konsisten dengan praktik sebelumnya,” kata pejabat itu.

“Amerika Serikat terus bekerja sama dengan sekutu dan mitra untuk memastikan perdamaian dan stabilitas di kawasan. Pada saat yang sama, kami akan terus bekerja dengan sekutu dan mitra untuk sepenuhnya menegakkan resolusi Dewan Keamanan PBB yang mencerminkan kehendak masyarakat internasional dan untuk membatasi kemampuan DPRK dalam memajukan program senjatanya yang melanggar hukum dan mengancam stabilitas regional," kata pejabat itu.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie