Gelar Aneka Kegiatan Menarik, Kemenperin-YBI Populerkan Bangga Berbatik



KONTAN.CO.ID - Sektor industri batik dan produk batik terbukti memiliki resiliensi di tengah tantangan ekonomi global yang terjadi beberapa tahun terakhir. Tak hanya itu, sektor industri ini dikategorikan sebagai industri padat karya yang mampu menyerap hingga 200 ribu tenaga kerja.

Sebagai komitmen dalam menjaga daya tahan dan pertumbuhan industri batik tanah air, Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (Ditjen IKMA) bersama dengan Yayasan Batik Indonesia (YBI) secara rutin menggelar perayaan Hari Batik Nasional (HBN) melalui berbagai rangkaian kegiatan.

“Tahun ini perayaan Hari Batik Nasional bertajuk “Bangga Berbatik” untuk mendorong para perajin, pengusaha produk batik, dan masyarakat umum semakin sering membeli, menggunakan dan mempopulerkan batik di manapun dan kapanpun dalam setiap aktivitas,” kata Direktur Jenderal IKMA Kemenperin, Reni Yanita dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (28/9).


Dalam perayaan Hari Batik Nasional tahun ini, Ditjen IKMA dan YBI akan menyelenggarakan Pameran Hari Batik Nasional 2024 pada 2-6 Oktober di Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan. Ditjen IKMA memberikan fasilitasi booth pameran secara gratis kepada pelaku IKM terkurasi yang dijaring sejak awal September lalu sebagai akses promosi kepada pelaku IKM batik dan produk batik.

Pada event tersebut, pencinta batik dan masyarakat luas bisa menyaksikan peragaan busana, mengikuti talk show sociopreneur tentang Inklusivitas Batik Berkelanjutan, menghadiri rilis buku “Batik Berkelanjutan: Rantai Pasok Industri 4.0”, serta berbelanja di bazar yang menampilkan produk batik asli daerah karya 45 pelaku industri kecil dan menengah. Sebagai puncak acara akan diselenggarakan pula Batik Fun Run and Walk pada Minggu, 6 Oktober 2024 sebagai upaya mengembangkan, mempopulerkan, dan melestarikan produk batik kepada masyarakat luas.

Tak ketinggalan, Kementerian Perindustrian juga akan menghadirkan Industrial Festival Edisi Batik dalam rangkaian kegiatan tersebut, melalui berbagai talk show inspiratif untuk semakin mengenalkan batik kepada generasi muda, yang diharapkan mewarisi tradisi kecintaan terhadap salah satu kekayaan budaya Indonesia ini.

“Dari sekian banyak pendaftar, terpilih 24 IKM peserta pameran Hari Batik yang difasilitasi oleh Ditjen IKMA untuk tampil dan memamerkan produk terbaiknya. Ada pula dua pelaku wirausaha baru IKM batik binaan Lembaga Pemasyarakatan hasil pendampingan yang juga memeriahkan pameran ini. Para peserta terpilih ini mewakili sembilan provinsi di Indonesia,” papar Reni.

Sebagai rangkaian acara HBN 2024, Ditjen IKMA juga turut melaksanakan fasilitasi pendampingan dalam rangka proses permohonan pelindungan Indikasi Geografis (IG) Batik Tulis Tenun Gedhog Tuban. Batik Tulis Tenun Gedhog Tuban ini kemudian telah ditetapkan sebagai ikon HBN 2024.

Batik Gedhog Tuban dianggap sebagai warisan budaya komunal yang menampilkan akulturasi budaya masyarakat pesisir Tuban dengan budaya Tiongkok yang memiliki ciri khas motif burung Phoenix. Proses pembuatan batik pun masih menggunakan alat tenun gedog sederhana dengan bahan baku benang katun dari pintalan kapas.

Reni menyampaikan, Ditjen IKMA terus aktif mendorong pengembangan industri batik melalui pelatihan dan pendampingan teknis lantaran sektor ini memiliki potensi pasar ekspor yang bisa dimaksimalkan. Apalagi, batik sebagai pakaian maupun aksesoris, produk kerajinan, dan dekorasi rumah, semakin menjadi tren di berbagai kalangan karena semakin fleksibel digunakan.

‘’Potensi pasar ekspor batik dan produk batik cukup menjanjikan, terlihat dari capaian nilai ekspor batik dan produknya sepanjang tahun 2023 yang mencapai USD17,5 juta. Sedangkan semester pertama tahun ini saja sudah mencapai USD9,45 juta berdasarkan hitungan BPS,” ungkap Reni.

Pengembangan industri batik

Selama ini, Ditjen IKMA telah melakukan pengembangan industri batik melalui berbagai kegiatan seperti penyusunan buku “Mengenal Industri Batik Ramah Lingkungan” dan “Batik Berkelanjutan: Rantai Pasok Industri 4.0”, penumbuhan WUB di lapas dan pondok pesantren, penerapan enterprise resource planning (ERP) pada industri batik, restrukturisasi mesin dan/atau peralatan, promosi dan pameran, serta pembangunan dan revitalisasi sentra batik di daerah.

Direktori Sentra Industri yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik tahun 2020 menunjukkan terdapat 201 sentra industri batik yang tersebar di 11 provinsi. Sentra industri batik terbanyak berada di Provinsi Jawa Tengah dengan 72 sentra, kemudian disusul oleh Jawa Timur sebanyak 62 sentra. Adapun total industri batik dari seluruh provinsi mencapai 5.946 industri.

Selanjutnya Ditjen IKMA akan menggelar pameran sekaligus business matching, serta fasilitasi sertifikasi Batikmark dan workshop proses produksi seragam batik Jemaah Haji, yang rencananya digelar pada November 2024. Kegiatan ini ditargetkan untuk IKM batik yang selama ini memproduksi seragam batik bagi jemaah haji.

Menurut Ketua Umum YBI Gita Pratama Kartasasmita, HBN 2024 ini spesial karena bertepatan dengan usia YBI yang genap 30 tahun. “Selama 30 tahun YBI berkarya. Harapannya kita bisa selalu mempersembahkan yang terbaik dan menginspirasi terutama bagi para pelaku dan pencinta batik Indonesia,” ujarnya.

Pameran edukatif dalam rangka HBN ini akan menampilkan instalasi modern sesuai dengan perkembangan zaman berupa multimedia tunnel. Pengunjung dapat menikmati pengalaman baru dengan masuk ke sebuah immerse experience, menampilkan animasi batik yang sudah mendapatkan sertifikat Indikasi Geografis (IG), antara lain Batik Nitik, Batik Besurek, Batik Complongan, Batik Sarung Pekalongan, dan Batik Lasem.

Baca Juga: Optimalkan Digitalisasi, Kemenperin Dorong IKM Halal Perluas Pangsa Pasar

Selanjutnya: Dorong Hilirisasi, Grup MIND ID Sudah Gelontorkan Investasi Sebesar Rp 90,6 Triliun

Menarik Dibaca: Netflix Rilis Poster Film The Shadow Strays, Tayangan Siap Tonton

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
TAG: