Gelar Munas, Gapensi Siap Hadapi Tantangan Masa Depan Industri Konstruksi Indonesia



KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) mengadakan Musyawarah Nasional (Munas) XV di Birawa Assembly Hall, Bidakara Jakarta, dari Rabu (5/6) hingga Jumat (7/6). 

Acara ini dihadiri oleh 35 Badan Pengurus Daerah (BPD) Gapensi dan diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembangunan infrastruktur dan fasilitas publik di Indonesia.

Ketua Umum BPP Gapensi Periode 2019-2024, H Iskandar Z Hartawi, menyatakan bahwa Gapensi berupaya menjadi pilar penting dalam memajukan sektor konstruksi di tengah pesatnya pembangunan infrastruktur di Indonesia. 


Baca Juga: Gapensi Ajukan Secara Resmi Calon Ketua Kadin Jawa Barat

Munas XV ini menjadi momen penting untuk memilih ketua umum baru serta merancang kebijakan organisasi, perkembangan industri, dan strategi menghadapi tantangan masa depan. Dua kandidat yang bersaing adalah Andi Rukman Karumpa dan Agus Gendroyono.

Iskandar menambahkan bahwa Munas XV GAPENSI 2024 merupakan wahana untuk memberikan kontribusi nyata dan akselerasi positif bagi pembangunan di Indonesia. "Mari kita bekerjasama lebih erat, meningkatkan kualitas, dan layanan profesional untuk mencapai visi dan misi bersama," ujarnya dalam siaran pers, Rabu (5/6).

Tema Munas kali ini adalah "Konsolidasi GAPENSI untuk Membangun Kesatuan dan Kekuatan Bersama Menuju Masa Depan Konstruksi Indonesia". 

Baca Juga: Akhirnya Ada Kabar Baik, Eskalasi Nilai Proyek Disetujui

Ketua Penyelenggara Munas Gapensi XV, Ir Bambang Rahmadi, mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk bersatu menghadapi tantangan dan peluang yang ada.

Tema ini mencerminkan semangat memperkokoh persatuan, menyatukan visi, dan membangun kekuatan bersama sebagai dasar kemajuan konstruksi Indonesia.

Selain pemilihan ketua umum baru, Munas XV juga menggelar pameran Tenaga Kerja Dalam Negeri (TKDN) untuk memberi ruang kepada pelaku industri memamerkan produk, inovasi, dan kontribusi dalam mengembangkan tenaga kerja lokal.

Baca Juga: Gapensi Ungkap Sejulah Tekanan Bagi Perusahaan Jasa Konstruksi Saat Ini

Dalam acara ini, juga akan ada sesi kuliah umum mengenai prospek dunia konstruksi dari Presiden terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto. 

Acara ini akan dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo dan dihadiri sejumlah menteri, termasuk Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Menteri BUMN, Menteri Investasi dan BKPM, serta Ketua KADIN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli