KONTAN.CO.ID - Tren bisnis kopi di tanah air kian menggeliat. Mendukung hal tersebut, PT lndolakto entitas anak dari PT lndofood CBP Sukses Makmur Tbk melalui brand lndomilk mengadakan Workshop lndomilk Coffeepreneur yang tahun ini memasuki tahun ke-3. Event ini akan diadakan di 11 kota, berlangsung mulai Mei hingga Oktober 2024. Kick off dimulai pada Senin (27/5) di Titik Temu Cafe, SCBD Jakarta. Melalui workshop ini, lndomilk memberikan pelatihan dan edukasi bagi para pelaku usaha kopi, mulai dari tim R&D, headbar, hingga barista untuk berani eksplorasi dalam membuat aneka minuman kopi, maupun minuman lain yang menggunakan campuran susu. Program ini menjadi bukti komitmen lndomilk dalam mendukung para coffeepreneur untuk terus berkreasi sehingga bisa membangun bisnis kopi yang berkelanjutan mengikuti perkembangan tren dan selera konsumen masa kini.
Prita Utami, Trade Marketing Food Service Manager PT lndolakto mengatakan selera konsumen dan tren minuman kopi terus mengalami perubahan. Oleh karena itu, melalui program lndomilk Coffeepreneur ini para coffeepreneur, termasuk barista mampu berkreasi menciptakan minuman inspiratif baru favorit anak muda, terutama yang berbasis susu. "Rangkaian susu lndomilk, mulai dari fresh milk, UHT, susu evaporasi hingga susu kental manis adalah opsi yang tepat bagi para coffeepreneur untuk memulai berkreasi," ungkap Prita dalam keterangan yang diterima KONTAN, Selasa (28/5).
Baca Juga: Indomilk Beri Kesempatan Konsumen Interaksi Personal Bersama Ariel NOAH Di 2024 ini, program lndomilk Coffeepreneur turut menggandeng para expert di industri kopi, seperti Hendri Kurniawan yang merupakan World Certified Coffee Judge dan Restu Sadam, seorang profesional barista sekaligus juara pertama Indonesia Latte Art Champion 2019 & 2021, untuk berbagi ilmu bagi para coffeepreneur melalui berbagai sesi workshop tematik. Hendri Kurniawan menyebut visi dari program lndomilk Coffeepreneur ini sangat menarik dan penting sekali untuk diketahui oleh para pelaku usaha kopi, atau mereka yang baru ingin memulai usahanya. Bukan hanya mengolah biji kopi, namun mengenali karakter susu juga menjadi hal yang krusial dalam berkreasi karena susu memegang peranan penting dalam mengangkat karakter suatu minuman. "lni adalah langkah awal bagi para coffeepreneur untuk memajukan usaha kopi mereka dan membangun ciri khas tersendiri di mata konsumennya," ungkap Hendri Kurniawan. Disisi lain, Restu Sadam menambahkan bahwa penyajian kopi turut mempengaruhi citra dari seorang barista dan coffee shop yang dinaunginya. Latte Art bukan hanya sekedar penambah nilai estetika minuman kopi, namun menggambarkan ketekunan dan keinginan barista untuk menyajikan yang terbaik. Dalam membuat Latte Art, diperlukan produk susu berkualitas yang mudah di-frothing sehingga dapat menghasilkan busa yang lentur dan mudah dibentuk untuk menciptakan latte art yang smooth, silky dan shiny.
Untuk menjangkau lebih banyak coffeepreneur di berbagai pelosok Indonesia serta memberikan edukasi yang bermanfaat bagi kemajuan bisnis usaha kopi mereka, lndomilk Coffeepreneur workshop akan diadakan di 11 kota yaitu Jakarta, Cirebon, Semarang, Solo, Surabaya, Malang, Medan, Pekanbaru, Balikpapan, Makassar dan Bekasi. "Sejak rutin dijalankan dari tahun 2022, lndomilk Coffeepreneur telah menjangkau kurang lebih 600 coffeepreneur / barista. Tahun ini, dengan meluasnya titik kota yang dikunjungi, kami menargetkan lebih dari 700 coffeepreneur / barista bisa mendapatkan edukasi dan pelatihan terbaik seputar kopi dan susu. Harapan kami, program ini dapat terus mendukung para coffeepreneur untuk menyajikan kopi terbaik bagi konsumen sehingga bisnis yang dijalankan bisa terus maju dan sustainable," tutur Prita.
Baca Juga: Mencicipi Manis Pasar Minuman Ringan Minim Pemanis Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Jane Aprilyani