Gemini Live Kini Dapat Berbicara Bahasa Indonesia



KONTAN.CO.ID - Google terus mengembangkan Gemini, asisten AI yang dirancang untuk membantu, intuitif, dan dapat berinteraksi dengan bahasa percakapan. Sebelumnya, Gemini Live mengumumkan telah mendukung lebih dari 40 bahasa. Kini, Gemini Live hadir dalam Bahasa Indonesia, memungkinkan Anda berbincang secara alami dengan AI ini. Gemini juga akan terhubung ke lebih banyak aplikasi Google dalam bahasa Indonesia, mempermudah mengakses informasi dan melakukan banyak hal pada berbagai layanan Google.

Gemini Live dapat mendukung percakapan hingga dua bahasa sekaligus, memberikan fleksibilitas untuk beralih antara Bahasa Indonesia dan bahasa lainnya yang dikuasai. Fitur ini memungkinkan untuk berinteraksi dengan AI sesuai dengan konteks percakapan. Berikut cara menentukan bahasa pilihan di aplikasi Google:

Pada ponsel atau tablet Android, buka aplikasi Google dan pada bagian atas, ketuk gambar profil atau inisial Anda.


Ketuk Setelan > Asisten Google > Bahasa.

Pilih Bahasa Indonesia atau bahasa lain yang didukung.

Anda dapat memilih satu lagi dari bahasa yang didukung untuk dijadikan bahasa kedua.

Gemini Live memungkinkan percakapan layaknya seperti dengan teman mulai dari mendiskusikan ide, menjelajahi topik, atau berlatih presentasi. Beberapa contoh percakapan lainnya:

Meminta tips: Cari ide tentang berbagai macam topik, seperti pekerjaan yang mungkin cocok dengan keterampilan atau gelar pendidikan.

Merencanakan acara: Berbincang tentang pesta ulang tahun untuk teman dan keluarga.

Menyelami topik baru dan memperluas cakrawala: Tanyai Gemini Live tentang peristiwa sejarah, konsep ilmiah, atau bahkan aturan permainan catur atau mahjong.

Sejak hadirnya Ekstensi langsung di Gemini, pengguna telah melakukan lebih banyak hal dengan aplikasi dan layanan andalan seperti Gmail, Maps, dan YouTube. Baru-baru ini, kami mengembangkan kapabilitas Gemini dengan menghubungkan lebih banyak alat Google dalam bahasa Inggris, termasuk Google Kalender, Tugas, Keep, dan Utilitas.

Dengan integrasi ke berbagai aplikasi dalam Bahasa Indonesia, Gemini Live memudahkan aktivitas Anda. Berikut beberapa contoh penggunaan:

Minta Gemini mencari resep mie ayam yang dikirimkan melalui Gmail, lalu minta juga memasukkan bahan-bahannya ke daftar belanja di Keep.

Ambil foto poster konser dan tanya Gemini apakah Anda punya waktu luang pada hari itu — dan bahkan sekaligus meminta  membuat pengingat untuk membeli tiket.

Tanya Gemini kapan season baru serial TV favorit Anda mulai tayang, kemudian minta mengingatkan Anda seminggu sebelumnya.

Dengan memperluas ketersediaan Gemini Live dan koneksi aplikasinya ke lebih banyak bahasa, kami berusaha untuk mewujudkan akses ke manfaat AI sekaligus membantu orang-orang di seluruh dunia mengakses informasi dan menikmati manfaat asisten berteknologi AI.

Baca Juga: Cara Menggunakan Gemini AI di Android, Asisten Virtual Milik Google

Selanjutnya: BPDPKS Jadi Badan Pengelola Dana Perkebunan, Industri Sawit Wanti-Wanti Soal Ini

Menarik Dibaca: Prakiraan Cuaca Jakarta Besok (24/10): Cerah Berawan dan Berawan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti