Gempa magnitudo 5,1 guncang Maluku, tidak berpotensi tsunami



KONTAN.CO.ID - AMBON. Gempa tektonik bermagnitudo 5,1 mengguncang Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku, Senin malam (11/3) sekira pukul 22.03 WIT.

Data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Ambon menunjukkan bahwa gempa tersebut berada pada koordinat 6.63 Lintang Selatan dan 130.82 Bujur Timur, atau tepat berjarak 115 km barat laut Larat, Kepulauan Tanimbar dan 159 km bagian utara Saumlaki.

Gempa tersebut berada di laut dengan kedalaman 75 km dibawa permukaan laut. Hingga kini belum ada laporan resmi mengenai ada atau tidaknya dampak kerusakan yang ditimbulkan dari gempa tersebut.

BMKG sendiri memastikan gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami sehingga warga diimbau agar tetap tenang dan tidak perlu panik. “Gempa yang barusan terjadi tidak berpotensi tsunami sehingga warga tidak perlu panik,” kata Kepala BMKG Stasiun Ambon, Sunardi melalui rilisnya yang diterima Kompas.com, Senin malam.

Provinsi Maluku tercatat merupakan salah satu wilayah rawan gempa dan tsunami di Indonesia. Sebab, Maluku berada pada pertemuan tiga lempeng besar yakni Pasifik, Indo Australia, dan Eurasia.

Lempeng Indo Australia masuk ke bawah Eurasia lalu bertemu Lempeng Pasifik. Pertemuan dua lempeng itu menyebabkan patahan yang tidak beraturan, sehingga kerap memicu terjadinya gempa di wilayah Maluku. (Rahmat Rahman Patty)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gempa Magnitudo 5,1 Guncang Maluku, Tidak Berpotensi Tsunami",
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli