Genap 5 Tahun, KAI Logistik Siap Ekspansi Jangkauan Pengiriman ke Seluruh Indonesia



KONTAN.CO.ID - KAI Logistik, anak usaha KAI, resmi genap berusia 15 tahun pada 08 September 2024 lalu. Memasuki tahun ke-15, KAI Logistik kian mempertegas komitmennya dalam mendukung ekosistem logistik nasional melalui berbagai langkah strategis. Semangat inovasi terus digaungkan untuk penuhi kebutuhan logistik masyarakat dengan memperkuat posisinya sebagai pilihan utama dalam mendukung rantai pasok nasional.

Fredi Firmansyah, Direktur Utama KAI Logistik menyampaikan “Sejak didirikan pada tahun 2009, KAI Logistik senantiasa berkomitmen untuk dapat menjadi perusahaan jasa logistik terpadu, unggul, dan terpercaya di Indonesia. Memasuki usia 15 tahun perjalanan perusahaan, dengan mengambil tema Bigger, Better, Discover KAI Logistik telah meluncurkan berbagai inovasi dan langkah strategis yang dirancang untuk menjawab kebutuhan logistik masyarakat di berbagai segmen bisnis”.

Fredi melanjutkan bahwa dengan bertambahnya usia, KAI Logistik akan berupaya menguatkan komitmennya dalam mewujudkan logistik yang lebih baik dan andal, salah satunya konektivitas pengiriman retail yang dalam waktu dekat akan menjangkau seluruh Indonesia.


Hal ini juga sejalan dengan perubahan izin usaha menjadi Badan Usaha Angkutan Multimoda yang memungkinkan perusahaan untuk melakukan pola operasi multimoda untuk pastikan kemudahan logistik nasional.

Saat ini, melalui KALOG Express, KAI Logistik telah tersedia di 171 titik pulau Jawa, Bali, Sumatra dan telah diperluas menjangkau Kalimantan dan melayani pengiriman berbagai jenis barang mulai dari paket, tanaman, hewan peliharaan, sepeda hingga sepeda motor.

Ke depan, jangkauan KALOG Express akan mencakup seluruh Indonesia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya dalam pengiriman paket atau pengiriman retail.

“Perusahaan memahami peran besar logistik yang terhubung ke seluruh titik di Indonesia. Kami ingin mengambil peran untuk memperkuat distribusi logistik nasional sehingga mampu memudahkan kebutuhan pengiriman barang masyarakat Indonesia dan mendorong perekonomian nasional,” jelas Fredi.

Selama satu tahun terakhir, KAI Logistik secara agresif melakukan inovasi dan terobosan di seluruh segmen bisnisnya. Salah satu inovasi signifikan yang telah dilakukan Perusahaan adalah transformasi digital pada segmen bisnis KALOG Express, melalui aplikasi KAI Logistik TRAX.

Aplikasi ini dirancang dengan tujuan memberikan kenyamanan dan kemudahan kepada pelanggan dengan konsep "with just a click". Saat ini, penjemputan dan pengantaran paket, sepeda, maupun motor melalui aplikasi KAI Logistik TRAX telah menjangkau 115 kota/kabupaten yang tersebar di 171 titik service point.

"Selain itu, KALOG Express kini telah siap melayani pengiriman barang setiap hari guna meningkatkan  efektivitas percepatan waktu pengiriman.  Kami juga telah menambah moda pengiriman menggunakan moda angkutan KA Blambangan untuk mempercepat pengiriman  dari dan ke timur Jawa, serta  memperluas jangkauan layanan hingga ke Pulau Kalimantan.  Langkah ini merupakan bagian dari upaya KAI Logistik dalam mendukung layanan logistik yang lebih luas dan merata di Indonesia," ujar pria yang akrab disapa Fredi.

Fredi menambahkan bahwa segmen bisnis KALOG Plus juga telah mengantongi sertifikasi halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) pada 14 Juni 2024 lalu, untuk layanan distribusi di tiga terminal yaitu Terminal Barang Area Sungai Lagoa, Terminal Barang Area Klari, dan Terminal Barang Area Kalimas yang dapat menjadi nilai tambah dari segmen bisnis ini.

Tidak hanya berfokus pada peningkatan layanan, sejalan dengan tagline ‘KAI Logistik ispossible’ yaitu dengan KAI Logistik semuanya menjadi mungkin, KAI Logistik turut membuka pintu kolaborasi multipihak demi mewujudkan  green logistics dan mendukung pencapaian Indonesia Emas 2045.

“Ke depan, KAI Logistik berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi nyata dengan berupaya mengembangkan sistem logistik terpadu yang membuka peluang kolaborasi guna memperkuat logistik nasional,” tutup Fredi.

Tentang PT Kereta Api Logistik

PT Kereta Api Logistik (KAI Logistik) dibentuk dengan tujuan melayani distribusi logistik berbasis kereta api, dengan kemasan bisnis door to door service untuk memberikan pelayanan yang paripurna bagi Pelanggan kereta api yang didukung dengan layanan pra dan purna. KAI Logistik fokus pada orientasi bisnis sebagai jasa layanan distribusi logistik terpadu (total logistics solution) melalui “End-to-End Services”. Mengusung tagline KAI Logistik Ispossible yaitu semuanya menjadi mungkin, KAI Logistik menyediakan ragam layanan logistik melalui 3 segmentasi yaitu KALOG Express, KALOG Plus dan KALOG Pro.

Baca Juga: KAI Logistik Fasilitasi Pengiriman Sepeda Motor dan Paket Ikatan Motor Indonesia

KAI Logistik memberikan nilai tambah pada layanan distribusi logistik, termasuk layanan yang telah disediakan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero). Penguatan peran penting KAI Logistik ini diwujudkan pada tahapan Pre-Service dan Post Service dari layanan oleh KAI serta layanan terpadu (integrated-service) berbasis teknologi informasi sepanjang rantai jasa layanan  distribusi logistik.

Selanjutnya: Perkuat Pembangunan Berkelanjutan dan Ekonomi Hijau, Bappenas Gandeng Inggris

Menarik Dibaca: Ayo Cek! Inilah Normal Kolesterol Pria Usia 50 Tahun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
TAG: