Gencatan Senjata Hamas-Israel Ditunda Menjadi Hari Jumat



KONTAN.CO.ID - GAZA/YERUSALEM. Perang berkecamuk di Gaza pada Kamis, karena usulan gencatan senjata dan pembebasan sandera ditunda setidaknya satu hari lagi.

Kolom asap hitam terlihat membubung di atas zona perang Gaza utara dari seberang pagar di Israel saat siang hari menyinari jalur tersebut. Israel mengatakan pembebasan sandera, yang dimaksudkan untuk dibarengi dengan gencatan senjata pertama perang, akan ditunda setidaknya hingga hari Jumat.

Militer Israel mengatakan telah melancarkan 300 serangan udara dalam satu hari terakhir, dan membunyikan sirene peringatan peluncuran roket lintas batas oleh kelompok bersenjata Palestina. Media Palestina melaporkan serangan Israel di wilayah utara serta di kota Khan Younis di selatan, di mana Israel telah meminta penduduk di wilayah utara untuk mencari perlindungan.


Baca Juga: Houthi Mengancam akan Bajak Lebih Banyak Kapal Israel di Laut Merah

“Negosiasi mengenai pembebasan sandera kami terus berjalan dan berlanjut,” kata Penasihat Keamanan Nasional Israel Tzachi Hanegbi dalam sebuah pernyataan semalam. 

“Permulaan pelepasan akan dilakukan sesuai dengan kesepakatan awal antara kedua belah pihak, dan tidak sebelum hari Jumat,” tambahnya.

Gencatan senjata pertama dalam perang tujuh minggu ini dimaksudkan untuk disertai dengan pembebasan 50 perempuan dan anak-anak sandera yang ditangkap oleh militan yang menyerbu Israel pada 7 Oktober, dengan imbalan 150 tahanan Palestina dari penjara-penjara Israel.

Perjanjian tersebut diumumkan pada Rabu pagi, namun lebih dari sehari kemudian pengumuman yang diharapkan mengenai waktu mulai resmi belum terwujud. Mediator Qatar mengatakan pada hari Kamis bahwa pihaknya dapat membuat pengumuman dalam beberapa jam.

Israel mengatakan gencatan senjata bisa bertahan lebih dari empat hari awal asalkan militan membebaskan sedikitnya 10 sandera per hari. Sebuah sumber di Palestina mengatakan pembebasan gelombang kedua akan memungkinkan sebanyak 100 sandera dibebaskan pada akhir bulan ini.

Baca Juga: Gara-Gara Standar Ganda Atas Perang Gaza, Uni Eropa Hadapi Meningkatnya Permusuhan

Kedua belah pihak mengatakan mereka akan kembali berperang setelah gencatan senjata selesai.

“Kami tidak akan mengakhiri perang. Kami akan terus melanjutkannya sampai kami menang,” kata kepala staf umum Israel, Letnan Jenderal Herzi Halevi, kepada para komandan dalam sebuah video yang dirilis oleh militer pada hari Kamis.

Israel melancarkan perangnya di Gaza setelah orang-orang bersenjata dari Hamas menerobos pagar perbatasan, menewaskan 1.200 orang dan menyandera sekitar 240 orang, menurut penghitungan Israel. Sejak itu, lebih dari 14.000 warga Gaza telah tewas akibat pemboman Israel, sekitar 40% di antaranya adalah anak-anak, menurut otoritas kesehatan di wilayah yang dikuasai Hamas.

Editor: Handoyo .