Genjot iklan, Yahoo beli BrightRoll US$ 640 juta



CALIFORNIA. Yahoo! Inc., mengatakan akan membeli BrightRoll, perusahaan layanan iklan video digital, sebesar US$ 640 juta. Langkah ini dilakukan Yahoo untuk bisa meningkatkan pemasukan dari iklan. Pasalnya pendapatan iklan display Yahoo kini tengah menurun. Dan diharapkan, dengan ada nya platform iklan video bisa mendongkrak pemasukan Yahoo.

BrightRoll merupakan perusahaan yang bergerak di iklan video online dan telah memiliki pengiklan besar dari beberapa merek ternama di dunia. Tahun ini saja, pendapatan bersih BrightRoll diperkirakan bakal melebihi US$ 100 juta.

"Video adalah salah satu peluang pertumbuhan terbesar, dan BrightRoll adalah hebat dan strategis. Secara finansial cocok untuk bisnis periklanan video kami," kata Kepala Eksekutif Yahoo, Marissa Mayer dalam pernyataannya, Selasa (11/11).


Bulan lalu, Yahoo melaporkan bahwa pendapatannya di kuartal ketiga dari iklan menurun 5% dari tahun sebelumnya. Yahoo telah berjuang untuk bersaing dengan rival yakni Google yang pendapatan iklannya tumbuh sebesar 17% di kuartal ketiga dari tahun lalu.

Akuisisi ini juga pembelian besar pertama Yahoo sejak menerima US$ 9,4 miliar pada September kemarin dari penjualan sebagian sahamnya kepada Alibaba, raksasa e-commerce asal China.

Editor: Hendra Gunawan